UniqMag
ad

Urus Data Kependudukan, Warga Sampang Wajib Cantumkan Golongan Darah

berita terkini
Kepala Dispendukcapil Kabupaten Sampang, Ali Wafa saat di ruang kerjanya
ad

SAMPANG, (suarajatimpost.com) – Setiap warga di Kabupaten Sampang yang akan mengurus data administrasi kependudukan, khususnya Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) diwajibkan melakukan tes golongan darah.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sampang Ali Wafa mengatakan, bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 118 Tahun 2017, format kartu keluarga, akan mengalami perubahan. Yakni, akan ada penambahan kolom golongan darah dan pencantuman nomor surat nikah.

"Ketentuan tersebut diberlakukan sebagai upaya pemerintah dalam meningkatkan pelayanan publik secara terpadu dan menyeluruh," ujarnya saat dikonfirmasi suarajatimpost.com diruang kerjanya, Kamis (10/01/2019).

Ali Wafa berharap, mulai saat ini masyarakat yang akan mengurus data kependudukan wajib mencantumkan golongan darah. Sebab, selama ini rata-rata masyarakat masih belum mengetahui golongan darahnya sendiri atau belum pernah melakukan tes golongan darah.

"Penambahan kolom golongan darah untuk memudahkan mendeteksi golongan darah. Sehingga memudahkan saat keadaan darurat," ungkapnya.

Ali Wafa menambahkan, bagi yang mengajukan perubahan KK, maka formatnya akan berbeda dari sebelumnya. Tapi, bukan berarti KK yang lama tidak berlaku. Sepanjang identitas tidak berubah dan sudah ditandatangani oleh Kepala Dispendukcapil, maka KK tetap berlaku.

"Khusus untuk kolom perkawinan, saat ini dalam KK yang baru terdapat dua kriteria yakni kawin tercatat dan belum dicatatkan serta ada kolom tanggal perkawinan," pungkasnya.

Untuk diketahui, pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sudah gencar melakukan sosialisasi mulai dari tingkat Kecamatan hingga di tingkat Desa.

Reporter : Abdus Salam
Editor : Winzani
ad
Berita Sebelumnya Anna Luthfie Dorong Pemerintah Terbitkan Regulasi Pro Lingkungan
Berita Selanjutnya Menteri Koperasi dan UKM Menilai Batik Tulis Pamekasan Punya Potensi Bagus

Komentar Anda