UniqMag
spece

Pembangunan Dua Gedung Perpustakaan SDN di Bojonegoro Mangkrak

berita terkini
Dua gedung perpustakaan SDN di Bojonegoro yang mangkrak
Berita 1

BOJONEGORO, (suarajatimpost.com) - Pembangunan gedung perpustakaan di SDN Mayangrejo 2 dan SDN Kalitidu 1 Bojonegoro, Jawa Timur mangkrak dan terbengkalai.

Dinding-dinding mulai nampak ada yang keropos dan retak-retak. Dan juga nampak berserakan masih berlantai tanah.

Mangkraknya pembangunan ruang perpustakaan tersebut tidak berimbang dibandingkan dengan jumlah Silpa APBD 2017 yang pernah tembus di 227 M dan Tahun 2018 tembus 1,3 T.

Bangunan tersebut mangkrak kurang lebih  lima tahun dari 2014 sampai 2019.

Kepala Sekolah SD Mayangrejo 2, Wiwik Widiyowati mengatakan bahwa 58 siswanya bila ingin belajar dan membaca buku harus memakai ruang guru, pasalnya buku-buku ditempatkan di ruang guru selama perpustakannya masih dalam tahap pembangunan perpus.

"Ya begini mas keadaanya sehari hari, mereka harus menumpang di ruang guru, dan kita pun kesulitan menata buku bacaan maupun pelajaran, saat kepseknya Bu Minem, Sekolahan juga dapat bantuan buku, tapi ya begitu tidak ada tempat, jadi bukunya tidak disini saja, yang lain kita taruh di kelas-kelas," tuturnya saat ditemui awak media Suarajatimpost.com.

Masih menurut Wiwik Widiyowati, kondisi sekolahan juga butuh anggaran pembuatan kelas baru di sebabkan untuk ruang kelas dua untuk pagi diliburkan tapi masuk di siang hari, bergantian dengan kelas 1.

"Kita mau anggarkan itu sangat tidak mungkin, karena Anggaran BOS hanya 9.120.000 dan kita ada 4 Guru GTT dan 2 guru Negeri, dan belum buat yang lain-lainya," ujar kepala sekolah pindahan dari SD Grebekan.

Masih menurut Wiwik Widiyowati, dirinya tidak berani menarik iuran dari Wali murid dan Komite sekolah untuk melanjutkan pembangunan perpustakaan tersebut. Karena dirinya tidak mau ambil resiko.

"Saya, masih baru disini SK saya 7 Februari kemarin, dan sebelumnya saya di sini ada Bu Minem, dan Pak Arif Sudarmawan, jadi saya tidak tahu proses terkait ruang perpustakaan tersebut," tambahnya.

Terkait pembangunan lerpustakaan yang awak media gali di lapangan ada tiga termin dalam pembayaran dan proyek tersebut dikerjakan dengan Swakelola.

Termin pertama, 29,961, 000.00 termin ke dua 22, 450,000,00 termin ke tiga 25, 905,000.00. Total, 76,506.
Di potong pajak 2, 625.000.00.

Murid-murid SDN Mayangrejo 2 Sedang belajar di ruang perpustakaan yang mendompleng ruang guru.

Reporter : Mustakim
Editor : Ananda Putri
Berita 2
Berita Sebelumnya Begini Misteri Pulau Baru di Gili Raja Sumenep
Berita Selanjutnya Keluarga Besar Quds Royal Hotel Surabaya Gelar Buka Puasa Bersama Anak Yatim

Komentar Anda