UniqMag
ad

Truk Pengangkut Tapioka di Kediri Mogok di atas Rel Kereta Api

berita terkini
Petugas kereta api bersama warga mengevakuasi truk mogok
ad

KEDIRI, (suarajatimpost.com) - Pengatur perjalanan KA Stasiun Kertosono bahwa, di JPL 303 KM 213 + 700 antara petak Jalan Kertosono - Purwoasri, terdapat truck mogok yang tepat menghalangi jalur KA, Rabu (6/02/2019) sekira pukul 05.30 WIB. 

Pengemudi truck bernama Rona Permana (34) warga Kp Ciranca Kawitan Salopa Kabupaten Tasikmalaya.

Truck tronton dengan Nopol kendaraan Z 9056 HA yang mengangkut tepung tapioka 25 ton.

Menurut keterangan, Ixfan Hendriwintoko Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun bahwa kejadiaanya berawal saat truck tronton melewati JPL 303, mengalami mogok tepat diatas jalur rel lintas Kertosono-Purwoasri, pada saat itu juga pengemudi  truck tidak bisa mengerakkan trucknya sama sekali. 

"Kemudian petugas JPL 303 mengabarkan pada petugas pengatur perjalanan KA (PPKA) Stasiun Kertosono bahwa, ada truck mogok menghalangi jalur KA," terangnya

Untuk keselamatan perjalanan KA selanjutnya PPKA melaporkan kejadian tersebut kepada Pusat pengendali KA dan memberhentikan beberapa perjalanan KA hingga jalur yang akan dilalui dipastikan telah aman.

"Akibat kejadian tersebut ada beberapa KA yang tertahan KA 42 (Gajayana) di Stasiun Kertosono lambat 142 menit.
KA 176 (Brantas) di Stasiun Kertosono datang 119 menit. KA 142 (Majapahit) di Stasiun kertosono lambat 96 menit. Disusul KA 182 (Kahuripan) di Stasiun Baron lambat 88 menit. KA 411 ( Dhoho ) Stasiun Purwoasri lambat 49 menit dan KA 419 (Dhoho) Stasiun Sembung lambat 38 menit," imbuhnya.

Ixfan menegaskan upaya yang dilakukan unit pengamanan melaporkan kepada pihak kepolisian setempat. Dan melakukan evakuasi truk dengan dibantu warga setempat, beserta pihak kepolisian agar truk yang menghalangi jalur KA segera di geser dengan cara memindahi atau mengurangi muatannya.

Akhirnya pukul 07.56 WIB Truk baru bisa di pindahkan dari jalur KA JPL 303 KM 213+700 antara Kertosono - Purwoasri.

Dengan kejadian ini, PT KAI Daop 7 Madiun menyampaikan permohonan maaf atas kejadian tersebut, yang menyebabkan beberapa KA mengalami keterlambatan. 

"Kami minta kepada pelanggan untuk bersabar penghentian yang dilakukan oleh petugas kami dilapangan semata-mata untuk keselamatan perjalanan KA," pungkasnya.

Reporter : Romin
Editor : Krisdiantoro
ad
Berita Sebelumnya Pembobol Rumah Keok Diborgol Buser Polres Pasuruan
Berita Selanjutnya Wakapolda dan Kanit Gadungan Ditangkap Polisi Kediri

Komentar Anda