UniqMag
ad

Pedagang Kaki Lima di Sekitar Jembatan Ngujang Dua Marak, Satpol PP Tidak Miliki Kewenangan

berita terkini
Rusdianto saat di konfirmasi di kantornya beberapa waktu yang lalu
ad

TULUNGAGUNG (Suarajatimpost.com) - Pasca dibangunnya jembatan Ngujang dua, kini (07/02/2019) padagang kaki lima dengan bangunan semi permanen mulai berdiri di sekitara jembatan, baik di sisi utara jembatan maupun di selatan jembatan. Terhitung hampir 50 lapak semi permanen dengan atap tenda sudah dioperasikan sebagai warung kaki lima.

Terkait hal itu, Satpol PP Tulungagung sebagai kepanjangan tangan dari Pemkab tidak bisa melakukan penertiban pedagang kaki lima yang berjualan di area jalan nasional. Karena, sampai saat ini belum ada penyerah terimaan dari kementerian kepada Pemkab terkait pengelolaan jembatan ngujang dua. 

Sehingga, Satpol PP tidak bisa melakukan penertiban kepada pedagang kaki lima yang menjamur di sekitar jembatan. Namun, satpol pp tidak tinggal diam dalam persoalan ini. Secara persuasif dan prefentif Satpol PP Tulungagung tetap memberikan himbauan kepada pedagang kaki lima. 

Kabid Penegakan Perda dan Ketertiban Umum Satpol PP Tulungagung, Rusdianto menuturkan, secara kewenangan pihaknya belum memiliki penuh, sehingga tidak bisa memberikan penindakan kepada pedagang kaki lima yang ada di sekitar jembatan ngujang dua. 

“Kan kita belum ada pemberitahuan dari Pemkab soal perubahan status pengelolaan jembatan ngujang dua, sejauh ini masih belum ada penyerah terimaan,” jelasnya.

Sehingga, pihak SATPOL PP pun belum bisa melakukan tindakan tegas kepada para pedagang. 

“Kita hanya melakukan himbauan, secara persuasif dan preventif tetap kita lakukan pembinaan,” imbuhnya.

Terkait pembangunan lapak pun, pihak Satpol PP hanya bisa mengarahkan supaya pedagang tidak membangunnya secara permanen. 

“Kita arahkan supaya tidak dulu melakukan pembangunan secara permanen,” tendasnya.

Sementara itu, dari pantauan di lapangan memang puluhan pedagang kaki lima melakukan pembangunan warung masuk di area lahan pemerintah.

Reporter : Latif Syaifudin
Editor : Krisdiantoro
ad
Berita Sebelumnya PAPDESI Bojonegoro Berharap Pilkades Gelombang Dua Digelar Bulan Juli 2019
Berita Selanjutnya Wakapolda dan Kanit Gadungan Ditangkap Polisi Kediri

Komentar Anda