UniqMag
Diknas Jombang

Direktur LInk Kecam Dugaan Pemulangan Pasien oleh RSUD Ploso Jombang

berita terkini
Romza saat dirawat di RS Swasta (Dok, SJP).
Berita 1

JOMBANG, (suarajatimpost.com) - Dugaan dipulangkan seorang pasien kebetulan dari Jurnalis TV oleh Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ploso Kabupaten Jombang mendapat kecaman lagi. 

Seperti apa yang disampaikan, Aan Anshori, Direktur LInK (Lingkar Indonesia Untuk Keadilan) dalam rilis tertulisnya sangat menyayangkan apa yang dilakukan pihak RSUD Ploso.

"Saya sangat menyayangkan tindakan gegabah pihak RSUD Ploso terhadap pasien atas nama Romza. Bukan terkait posisinya sebagai wartawan yang terluka, namun lebih karena kecerobohan analisa RSUD Ploso yang bisa membahayakan nyawa seorang pasien," paparnya, Jumat (8/1/2018).

Kalau itu sesuai prosedur, tentunya pihak rumah sakit akan mengedepankan keselamatan pasien, tidak menyuruh pulang sebelum di obati.

"Dokter tentu punya alasan medis atas seluruh keputusan terhadap pasien yang ditangani. Akan tetapi menyuruh pulang pasien tabrakan dengan kondisi hidung terus mengeluarkan darah karena ada gigi patah yang melesak di tulang rahang akibat ketidak telian diagnosis, merupakan hal yang keterlaluan," imbuhnya.

"Apalagi dikabarkan pihak RSUD Ploso juga ada dugaan menolak mengeluarkan surat rujukan sehingga pasien dirawat mandiri ke RS lain," lanjut Aan.

Menurutnya, pihak RSUD Ploso dinilai sangat tidak profesional dan oleh karenanya perlu mengklarifikasi hal ini. 

"Secara umum, aku menuntut agar dilakukan audit kinerja secara total terhadap IGD RSUD dan dilakukan pembenahan. RSUD ini dibangun dengan dana yang tidak sedikit. Sayang sekali jika yang ngurus tidak becus," ungkap Aan Anshori.

Sementara, Direktur RSUD Ploso, Dr Widi bahwa dengan kejadian tersebut, seakan tidak ada persoalan bahwa disitu ada dugaan pelanggaran menelantarkan pasien, ia hanya mengatakan sudah menemui pasien di RS swasta dimana pasien dirawat.

"Saya sudah ketemu Mas Romza dan keluarganya di RS Al Aziz, kami berterima kasih atas masukan teman teman untuk perbaikan layanan RSUD Ploso," ungkapnya via selular.

Diberitakan sebelumnya jurnalis Tv dipulangkan oleh pihak RSUD Ploso saat menjalani perawatan usai kecelakaan dan sudah mendapat sorotan DPRD Kabupaten Jombang dari Komisi D, yang membidangi kesehatan.

Reporter : Hariyanto
Editor : Krisdiantoro
Berita 2
Berita Sebelumnya Begini Misteri Pulau Baru di Gili Raja Sumenep
Berita Selanjutnya DLH Probolinggo Adakan Pembinaan Tanaman MPTS

Komentar Anda