UniqMag
ad

Transaksi Motor Curian via Facebook, Dua Pembeli Diringkus Polisi Tulungagung

berita terkini
Salah satu Pelaku saat di amankan di Mapolsek Besuki Tulungagung
ad

TULUNGAGUNG (Suarajatimpost.com) - Rabu (06/02/2019) kemarin, Unit Reskrim Polsek Besuki bersama Opsnal Polres Tulungagung dan dibantu Opsnal Reskrim Polres Blitar melakukan penangkapan terhadap dua pelaku penadahan barang hasil pencurian sepeda motor. 

Kedua pelaku, Rohmad Setiyawan (24) warga Desa Bangsri Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar dan Medi Setiawan (34) warga Desa Popoh Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar, ditangkap di daerahnya masing-masing. 

Sebelumnya, Kotib Bin Tono (31) warga Dusun Popoh Desa Besole Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung, kehilangan motornya yang terpakir di halaman rumahnya, senin (04/02/2019) diketahui hilang karena dicuri orang. 

Awal kejadiannya minggu (03/02/2019) sekitar pukul 23.00 Wib, korban atau terlapor saat pulang dari melaut bersama temannya Damri dan sepeda motor yang dikendarai jenis Bead Merk Honda tahun 2012 warna putih-biru Nopol AG 2219 RCL, Atas STNK DINA TRIWAHYUNI, di parkir di teras depan rumah pelapor, kemudian pelapor masuk ke dalam rumah dan Istirahat. 

Senin (04/02/2019) dinihari sekitar pukul 01.30 Wib, pelapor terbangun karena mendengar bunyi suara motor yang direm, selanjutnya pelapor bangun dan melihat melalui cendela rumah bagian barat, melihat sepeda motor yang pelapor parkir tidah ada ditempatnya. Lalu pelapor memberitahu istrinya dan tetangganya Damri untuk ikut membantu mencari di sekitaran Perumahan Nelayan Dusun Popoh Desa Besole Kabupaten Tulungagung, namun tidak juga diketemukan.

Kemudian tetangga korban yang bernama panggilan Cepor membantu melakukan pencarian melalui COD di facebook, dan kebetulan melihat salah satu ungahan menawarkan sepeda motor yang ciri cirinya sama dengan milik korban. 

Seketika korban memberitahukan penemuan tersebut ke petugas Polsek Besuki dan selanjutnya Polsek Besuki dengan dibantu Opsnal Reskrim Polres Tulungagung dan juga Unit Satreskrim Polres Blitar melakukan pencarian terhadap pengunggah facebook yang akhirnya ditemukan identitasnya bernama Rohmad Setiawan yang bertempat tinggal di Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. 

Seketika pihak kepolisian mencari tahu alamat pasti dan langsung kerumah Rohmad setiyawan.

Setelah bertemu serta ditanyai Rohmad akhirnya mengakui jika sepeda motor dibeli dari Medi Setiawan sebesar 3 juta 6 ratus ribu rupiah di daerah Selopuro Blitar melalui COD. 

Sehingga saat itu juga Rohmad setiyawan ditangkap berikut barang curian berupa sepeda motor yang disita guna penyidikan lebih lanjut.

Setelah pihak kepolisian menangkap Rohmad setiyawan selanjutnya melakukan pengembangan terhadap Medi setiawan yang ketika itu juga berhasil ditangkap di pasar Selopuro Blitar dan dari keterangan Medi Setiawan sepeda motor tersebut diperoleh dengan cara membeli dari IJ (alamat tidak diketahui) yang ketika itu sepeda motor diantarkan ke rumah Medi Setiawan dan dibeli seharga 3 juta 2 ratus ribu rupiah oleh Medi Setiawan.

Paur Humas Polres Tulungagung Bripka Endro Purnomo membenarkan kejadian tersebut. Sementara IJ belum dapat ditangkap karena HP yang biasa digunakan untuk komunikasi dengan Medi setiawan tidak hidup (Off).

"Barang bukti yang diamankan yaitu satu unit Sepeda motor jenis Bead Merk Honda tahun 2012, warna putih-biru Nopol AG 2219 RCL An STNK Dina Triwahyuni dan satu buah STNK sepeda motor Nopol AG 2219 RCL An DinaTriwahyuni," jelasnya. 

Saat ini kedua pelaku tengah diamankan oleh pihak kepolisian, dan akan didakwa dengan pasal 480 KUHP.

Reporter : Latif Syaifudin
Editor : Krisdiantoro
ad
Berita Sebelumnya PLT Bupati Tulungagung: Pemuda Harus Bisa Berperan Nyata
Berita Selanjutnya Wakapolda dan Kanit Gadungan Ditangkap Polisi Kediri

Komentar Anda