UniqMag
spece

Gunakan Mobil Crane, Bawaslu Jombang Tertibkan 4 Billboard Parpol

berita terkini
Petugas saat melepas Apk yang dipasang di Billboard
Berita 1

JOMBANG, (suarajatimpost.com) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jombang bersama Kepolisian dan Satpol PP Kabupaten Jombang, menertibkan Billboard yang merupakan alat peraga kampanye (APK) yang dinilai melanggar peraturan. Senin (4/3/2019).

Dalam penertiban tersebut saat melepaskan APK yang dipasang di Billboard  Bawaslu bersama Satpol PP menggunakan mobil crane milik Pemkab Jombang.

David Budianto, Komisioner Bawaslu Kabupaten Jombang menjelaskan, menerangkan ada 5 lokasi yang ditertibkan, namun hanya 4 yang melanggar.

"Hari ini ada 5 titik billboard yang kita tertibkan, tapi yang Mojoagung sudah dilepas jadi yang kita tertibkan ada 4 billboard," ucapnya pada sejumlah wartawan.

Untuk aturan memasang alat peraga kampanye (APK) dipasang dengan menggunakan Reklame Billboard tidak boleh lebih dari 2 billboard.

"Dalam aturannya memang, APK boleh dipasang di Billboard hanya 2 yang diperbolehkan per kabupaten, jadi melebihi itu yang nanti kita tertibkan," papar David.

Sebelum melakukan penertiban Billboard, David mengatakan Kalau Bawaslu sudah mengirim surat pemberitahuan pada parpol dan peserta pemilu.

"Kita sudah mengumpulkan perserta pemilu kita sosialisasikan aturannya dan kita sudah beri surat peringatan terhadap parpol maupun peserta pemilu agar di tertibkan sendiri. Setelah tidak ditertibkan sendiri baru kita bersama Satpol PP, kepolisian untuk menertibkan alat peraga dalam Billboard tersebut,"  imbuh David.

Tidak menutup kemungkinan masih ada Billboard APK yang melanggar, untuk itu kedepan Bawaslu akan melakukan pendataan ulang terhadap billboard yang dinilai melanggar.

"Tetap inventarisir kalau memang lebih kita akan menertibkan kembali, bila ada yang melanggar karena tidak sesuai dengan PKPU no 33 tentang Kampanye," ringkas David.

Reporter : Hariyanto
Editor : Ananda Putri
Berita 2
Berita Sebelumnya Begini Misteri Pulau Baru di Gili Raja Sumenep
Berita Selanjutnya Hendak Curi Motor, Pria Asal Lumajang Diringkus Polisi

Komentar Anda