UniqMag
PDI Perjuangan

Ilmuwan Nyentrik Tanam Bibit Padi Unggul di Situbondo

berita terkini
Ir. Surono melihat perkembangan MSP.

SITUBONDO, (suarajatimpost.com) - Adalah Ir. Surono Danu penemu benih unggul baru Sertani yang mampu memproduksi gabah hingga 14 ton. Benih ini merupakan hasil persilangan antara jantan yang berasal dari Dayang Rindu dan betinanya adalah Sirendah Sekam Kuning dan Sirendah Sekam putih, saat ini sedang di uji coba di situbondo yang kemudian diberi nama bibit padi "Mari Sejahterakan Petani" (MSP) yang sebelumnya sudah ditanam juga di berbagai provinsi.

Berawal dari keprihatinan karena sudah banyak benih padi lokal Indonesia yang hilang tergantikan dengan padi asal Tiongkok, Malaysia, India, pria yang sejak 20 tahun lalu hingga sekarang masih getol menyuarakan kedaulatan pangan Indonesia ke seluruh petani termasuk petani di Kabupaten Situbondo ini melakukan uji coba di lahan milik petani di Desa Lamongan, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo.

"Desa Lamongan adalah lahan yang tidak mempunyai saluran irigasi. Namun bibit padi MSP bisa hidup ditanam di lahan yang pasokan airnya tidak memadai untuk tanaman padi ini dan sudah menghasilkan panen yang cukup menggembirakan," terang Surono Danu, ketika mensurvei langsung lahan petani bernama Karsumo di Desa Lamongan, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo yang ditanami bibit padi MSP.

Karena perjuangan yang gigih dalam merintis kedaulatan pangan di Indonesia, maka mantan Presiden RI ke 5 yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri pernah menyempatkan diri berkunjung ke gubuk Surono Danu di Desa Onoharjo, Lampung Tengah, pada 2 Februari 2008 silam. 

Reporter :
Editor : Ismi Fausiah
ad
Berita Sebelumnya Begini Sejarah Penamaan Air Terjun 'Damar Wulan' Jember
Berita Selanjutnya Polsek Rambipuji Jember Tangkap Pelaku Ranmor

Komentar Anda