UniqMag
spece

Nekat, Satu Napi Kabur Dari Lapas Tulungagung

berita terkini
Petugas Lapas saat menunjukan diduga lokasi Napi kabur tepat di dekat pos nomor I, selasa (12/03)
Berita 1

TULUNGAGUNG, (suarajatimpost.com) - Satu Napi di Lapas kelas II B Tulungagung, Senin (11/02/2019) kemarin berhasil melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan, terhitung masa tahanannya masih berlangsung separuh dari total vonis hukuman kurungan yaitu selama 28 bulan. Dan masih sekitar 4 bulan berada di Lapas Tulungagung pasca ia dipindah dari Lapas Kabupaten Kediri.

Padahal, Lapas Tulungagung telah menerapkan prosedur keamanan dan pengamanan yang tinggi. Namun, Heri Siswanto (25) warga Desa Klepek Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri, nekad kabur dari Lapas tanpa sebab yang jelas. Tercatat ada 16 CCTV yang terpasang, beberapa pos pantau, dan penjagaan yang ketat di Gerbang utama Lapas. 

Hingga kini (selasa, 12/03) pihak Lapas masih belum dapat menentukan satu Napi tersebut kabur dengan menggunakan cara dan melewati jalur sebelah mana. Sementara itu, untuk memperdalam terkait kasus ini pihak Lapas tengah membentuk tim khusus untuk mengejar Napi tersebut.

Dedi Nugroho, Kasi Binadik dan Giatja Lapas Kelas II B Tulungagung menuturkan, diperkirakan pelaku melarikan diri diantara pukul 10.00 wib sampai dengan pukul 14.00 wib. 

“Dugaan sementara, pelaku kabur dengan memanjat pagar dan genting di dekat Pos 1 sebelah timur Lapas,” jelasnya.

Kini, pihak Lapas pun tengah memburu pelaku yang seharusnya masih berada di tahanan sekitar kurang lebih 1 tahun 2 bulan lagi.

“Pelaku di Lapas sini, baru 4 bulan ini sejak desember pindahan dari Lapas Kediri. Saat ini kita sudah koordinasi dengan Polres Tulungagung maupun Kediri soal kejadian tersebut,” paparnya.

Lebih lanjut, Dedi menjelaskan, apabila pelaku ditemukan tidak akan ada sanksi tambahan, sehingga ia berharap pelaku lekas menyerahkan diri.

“Hukuman tambahan tidak ada, hanya saja jumlah hari saat ia kabur itu tidak terhitung di masa tahanan, sehingga nanti jika pelaku masuk di Lapas baru akan dihitung lagi masa tahanannya,” jelasnya.

Diduga kuat pelaku melarikan diri, ke arah Kediri sehingga bilamana ada masyarakat yang melihat atau curiga terhadap seseorang yang bergelagat mencurigakan diiharapkan segera berkoordinasi dengan pihak keamanam setempat.

“Pelaku merupakan, terdakwa kasus pencurian dengan 3 LP. Saat keluar kabur dari Lapas kondisi rambut pelaku masih pendek atau gundul, dengan tinggi badan sekitar 160 centimeter dengan BB sekitar 60 Kilogram,” paparnya.

Reporter : Latif Syaifudin
Editor : Krisdiantoro
Berita 2
Berita Sebelumnya Begini Misteri Pulau Baru di Gili Raja Sumenep
Berita Selanjutnya Pengasuh Ponpes Raudlotul Muhtar Kandangan Kediri Mengecam Aksi 22 Mei

Komentar Anda