UniqMag
ad

Oknum Kades di Jombang Diduga Jadi Supplier BPNT, Ini Penjelasan Dinsos

berita terkini
M. Saleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jombang (istimewa)
ad

JOMBANG, (suarajatimpost.com) - 

Penyaluran program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, diduga masih ada monopoli yang dilakukan oleh aparatur pemerintahan desa, Selasa (12/3/2019).

Seperti di salah satu Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang, ada rumor oknum kepala desa yang diduga menjadi supplier BPNT, tidak tangung tangung bahkan menguasai agen seluruh kecamatan tersebut.

Dari dugaan oknum kepala desa yang menjadi supplier BPNT, Kepala Dinas Sosial M Saleh menegaskan bahwa aturan di pedoman umum (Pedum) tidak mengatur perangkat boleh tidak menjadi agen, namun pemerintah daerah membuat aturan yang melarang perangkat desa untuk tidak menjadi agen.

"Aparatur desa dipedum memang tidak ada, tapi bantuan yang memang sifatnya nasional itu pasti ada regulasi daerah, karena apa aparatur desa itu termasuk Pokja Bansos pangan yang juga ikut mengawal bagaimana para KPM bisa mendapatkan haknya," jelasnya saat diwawancarai wartawan di Mapolres Jombang kala itu.

Dari temuan adanya dugaan oknum kepala desa yang menjadi supplier BPNT tim bansos pangan menghimbau kepala desa maupun perangkat desa untuk tidak menjadi  agen maupun supplier BPNT.

"Surat dari Tim Bansos pangan Kabupaten mengharapkan aparatur pemerintahan desa khususnya Bapak Kepala Desa, ya jangan menjadi agen ataupun supplier demi menjaga stabilitas dan kondusifitas," terang Saleh.

Berdasarkan rapat koordinasi dengan Forkopimda, Dinsos akan mendata ulang para agen dan supplier BPNT.

"Kita akan evaluasi kembali dalam rangka menertibkan terkait para pelaku dalam penyaluran BPNT, pelaku yang dimaksud adalah mereka yang terlibat aktif dalam rangka penyaluran, seperti supplier dan agen  yang punya peran penting dalam penyaluran BPNT," ungkap M. Saleh.

Reporter : Hariyanto
Editor : Krisdiantoro
ad
Berita Sebelumnya Dinas Koperasi dan UM Sumenep Berikan Pelatihan Pengemasan pada Pelaku IKM
Berita Selanjutnya Diterjang Lahar Dingin, Satu Truck Angkutan Pasir di Lumajang Terjebak Berjam - Jam​

Komentar Anda