UniqMag
Diknas Jombang

Lapindo Diduga Terobos Pagar Batas Area Tol Jombang - Mojokerto

berita terkini
Jalan masuk pengeboran PT Lapindo yang diduga terobosan pagar batas area jalan tol Jombang Mojokerto (Dok SJP)
Berita 1

JOMBANG, (suarajatimpost.com) - Ternyata dinilai ada perbedaan antara warga biasa dengan perusahaan besar. Salah satunya adalah mengenai pemakaian lahan pemerintah yang di kelola oleh management tol Jombang - Mojokerto, PT Astra Infra Toll Road Jombang  Mojokerto.

Sofi'i warga Desa Blimbing Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, mengaku pernah mengajukan secara lisan pinjam pakai lahan pingir tol Jombang Mojokerto yang tidak terpakai di depan rumahnya untuk dibuat pendidikan edukasi anak mengenai jenis tanaman namun tidak diperbolehkan.

"Dulu saya pernah bilang pada pimpinan management jalan tol Jombang - Mojokerto tapi tidak diizinkan," ucapanya pada wartawan, Sabtu (16/3/2019) kemarin.

Lain halnya dengan perusahaan besar PT Lapindo Brantas, saat ini sedang melakukan kegiatan eksplorasi pinggir tol Jombang Mojokerto tepatnya di Desa Blimbing, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. 

Diketahui akses pintu masuk kearea pengeboran diduga menggunakan lahan tol dan melakukan pelebaran jalan diatas lahan tol dengan menggunakan beton cor sekitar 1 meter serta untuk masuk kearea juga diduga membuka pagar batas aset jalan tol Jombang Mojokerto.

Namun pihak pengelola tol Jombang Mojokerto, PT Astra Infra Toll Road Jombang - Mojokerto saat dihubungi mengaku belum menerima surat pinjam pakai lahan dari pihak PT Lapindo Brantas.

"Untuk proses perijinan melintas dan pemanfaatan lahan yang ada didalam batas lahan tol, proses izinnya tidak melalui MHI, melainkan lewat (BPJT) badan pengatur jalan tol," jelas Deni, Humas PT Marga Harjaya Infrastuktur (MHI) sekarang berganti nama PT Astra Infra Toll Road Jombang Mojokerto.

Ia juga menegaskan bahwa selama ini PT Astra Infra Toll Road Jombang Mojokerto memang dipercayakan mengawasi dan mengelola jalan tol Jombang Mojokerto sampai dengan aset termasuk lahan yang sudah dibebaskan dari warga, sampai saat ini pihak PT Astra Infra Toll Road Jombang Mojokerto belum mendapat informasi perihal izin pemakaian lahan tol oleh PT Lapindo Brantas.

"Untuk informasi pelebaran lahan dari PT Lapindo, kami belum dapat infonya," ungkap Deni via whatsapp.

Sementara menanggapi hal tersebut, Iwan pihak PT Lapindo Brantas, saat dihubungi perihal izin pemakaian lahan Tol, mengatakan dengan singkat pastinya sudah izin.

"Tentunya izin, ngak mungkin pemakaian lahan tol tidak izin," jawabnya via selular.

Reporter : Hariyanto
Editor : Krisdiantoro
Berita 2
Berita Sebelumnya Begini Misteri Pulau Baru di Gili Raja Sumenep
Berita Selanjutnya Rombongan Pelajar Ponpes Ngunut Meninggal Dunia di Kawasan Pantai Sine Tulungagung

Komentar Anda