UniqMag
ad

PTPN XI Klarifikasi Soal Tanah HGU di Nogosari Jember

berita terkini
Dedy Mawardi (dua dari kanan), Anggota Dewan Komisaris PTPN XI, menjelaskan masalah terkait tanah di Nogosari.
ad

JEMBER, (suarajatimpost.com) – PT Perkebunan Nusantara XI mengadakan press conference dengan para awak media di RM Lestari , Jember, Sabtu (1/10) pukul 10.30 WIB. PTPN XI ingin menjawab tuntutan yang dilakukan oleh para petani Jember dalam aksi yang dilakukan di depan Kantor Pemkab Jember, Selasa (27/9) lalu.

Dedy Mawardi selaku Anggota Dewan Komisaris PTPN XI menjelaskan terkait tanah di Desa Nogosari, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember. Menurut Dedy, tanah di Nogosari

“Tanah di Nogosari itu awalnya dimiliki oleh Belanda. Lalu dinasionalisasi pada tahun 1958 oleh Pemerintah Indonesia dan diserahkan kepada PTPN XXIV dan XXV dengan HGU (Hak Guna Usaha) No. 1 Tahun 1997 seluas 372 Ha yang masa berlakunya habis tahun 2007. Kemudian pada 2006 PTPN XXIV dan XXV ini melebur menjadi PTPN XI. Kami pada tahun 2009 memperpanjang HGU tersebut yang akan habis masa berlakunya 1 Desember 2032,” terang Dedy.

Bedasarkan dokumen PTPN XI, menurut Dedy, HGU di Nogosari sah secara hukum milik PTPN XI. Muncul persoalan dengan warga sekitar ini sejak tahun 2001 dan mulai kembali muncul pada aksi yang dilakukan oleh petani di depan Kantor Pemkab itu.

Reporter : Ayu Mila Sari
Editor : Fani Wulandari
ad
Berita Sebelumnya Begini Sejarah Penamaan Air Terjun 'Damar Wulan' Jember
Berita Selanjutnya Korem Dhirotsaha Jaya Madiun Peringati Harkitnas ke 109

Komentar Anda