UniqMag
spece

Satpol PP dan Kepolisian Resort Trenggalek, Menggelar Penertiban APK

berita terkini
Satpol PP Trenggalek sedang menertibkan APK
Berita 1

TRENGGALEK, (suarajatimpost.com) - Minggu kedua hari tenang yang diberlakukan oleh KPU sejak tanggal 14 hingga 16 April 2019, seharusnya Alat Peraga Kampanye (APK) sudah diturunkan.

Faktanya masih saja terdapat puluhan APK, yang terpasang di kawasan kota Trenggalek.

Menanggapi hal tersebut Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Trenggalek, bekerjasama dengan Satpol PP dan jajaran kepolisian resort Trenggalek, menggelar penertiban APK.

Penertiban APK ini diawali dari kantor Bawaslu, selanjutnya melakukan penyisiran ke berbagai tempat, di wilayah kecamatan Trenggalek dan kecamatan sekitarnya.

Sementara Koordinator Divisi Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu Trenggalek Farid Wajdi menyampaikan, bahwa sebelum di lakukan penindakan terhadap APK, pihaknya beberapa waktu yang lalu telah berkirim surat pada seluruh jajaran partai politik, dan Panwas tingkat kecamatan untuk melakukan penindakan terhadap APK yang masih terpasang ketika memasuki masa tenang.

"Sebelumnya kami sudah menyampaikan pada seluruh  jajaran partai politik, yang ada di kabupaten Trenggalek, termasuk menyampaikan juga pada panwas tingkat kecamatan untuk melakukan penindakan atau penertiban terhadap APK yang masih terpasang ketika memasuki masa tenang seperti sekarang ini," kata Farid saat turut serta di lapangan mendampingi jajarannya menertibkan APK, Senin (15/4).

Farid juga menambahkan Bahwa berdasarkan pasal 34 ayat (8) Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 33 tahun 2018 tentang perubahan kedua atau Peraturan KPU nomor 23 tahun 2018 tentang kampanye Pemilihan Umum Alat Peraga Kampanye Harus Di Turunkan atau di serahkan oleh peserta pemilu paling lambat 1(satu) hari sebelum pemungutan suara.

Sementara Kasi Trantib Satpol PP Trenggalek Wasito mengatakan, penertiban ini di lakukan karena sebelumnya pihak satpol telah menerima surat dari Bawaslu tentang upaya penertiban daripada APK yang masih terpasang.

"Jadi sebelumnya Bawaslu berkirim surat pada kami. Intinya mengajak kami untuk melakukan penertiban terhadap APK yang masih terpasang," pungkas Wasito.

Di katakan oleh Wasito seluruh APK yang telah di tertibkan ini, nantinya akan di serahkan ke kantor Bawaslu Trenggalek, peran satpol PP sendiri hanya sebatas membantu melakukan pencopotan terhadap APK yang masih terpasang.

Reporter : Tatang
Editor : Krisdiantoro
Berita 2
Berita Sebelumnya Rapat Paripurna Internal DPRD Trenggalek Bahas Masukan ke Bupati
Berita Selanjutnya Kuota Jamaah Haji Indonesia Bertambah Sepuluh Ribu Orang Tiap Tahun

Komentar Anda