UniqMag
Diknas Jombang

Puluhan Kapal Nelayan di Pasuruan Rusak Usai Bertabrakan

berita terkini
Warga saat mengevakuasi kapal nelayan
Berita 1

PASURUAN (suarajatimpost.com) - Puluhan perahu nelayan di Pelabuhan Pasuruan, karam usai diterjang arus deras Sungai Gembong.
Sebagian perahu nampak dalam kondisi terbalik dan mengalami kerusakan yang cukup parah.
Peristiwa ini terjadi saat arus Sungai Gembong mengalir dengan deras dan volume air yang tinggi pada dini hari. Diketahui arus deras tersebut disebabkan oleh adanya hujan lebat di wilayah hulu selama 7 jam lamanya.
Pantauan di lokasi, puluhan perahu yang tengah bersandar di pelabuhan karam. Sejumlah perahu juga rusak parah akibat berbenturan dengan perahu lainnya. Kerusakan rata-rata pada lambung perahu yang jebol.
Ratusan warga dan nelayan serta pemilik perahu berjubel sepanjang dermaga, mereka mencoba menyelamatkan mesin perahu dan barang-barang berharga yang masih tertinggal di dalam perahu.
Sebagian warga juga terus berusaha membalikkan perahu yang terbalik, sebagian lagi mengumpulkan barang-barang yang berhasil diselamatkan.
Selain warga dan nelayan, sejumlah petugas dari Pol Air Polres Pasuruan dan TNI AL juga berusaha membantu warga dalam mengevakuasi perahu yang karam dan terbalik tersebut.
"Saat ini terdata ada sebanyak 30 perahu yang karam dan rusak. Tapi data akan terus dikumpulkan," terang Kasat Pol Air Polres Pasuruan, AKP Poelaksono di lokasi, Senin (29/4/2019).
Poerlaksono yang basah kuyub karena membantu evakuasi perahu mengungkapkan, perahu yang karam dan rusak rata-rata berkapasitas 2 sampai 5 groos tonnage (GT).
"Selama ini belum ada laporan korban jiwa," imbuhnya.
Sampai saat ini, proses evakuasi masih dilakukan, ratusan warga dan nelayan masih berada di lokasi.

Reporter : Sukron
Editor : Krisdiantoro
Berita 2
Berita Sebelumnya TNI Polri Lumajang Kawal Ketat Pendistribusian 22 Kotak C-1 Hasil Pemungutan Suara
Berita Selanjutnya DLH Probolinggo Adakan Pembinaan Tanaman MPTS

Komentar Anda