UniqMag
spece

Plt Bupati Trenggalek Buka Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Kabupaten

berita terkini
Plt Bupati Trenggalek Moch Nur Arifin buka pleno rekapitulasi suara tingkat kabupaten
Berita 1

TRENGGALEK, (suarajatimpost.com) - Rapat Pleno Terbuka rekapitulasi suara tingkat Kabupaten, Senin (29/4/2019) yang dilaksanakan KPUD Trenggalek, dibuka oleh Plt. Bupati Trenggalek di Hayam Wuruk.

Plt Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin atau biasa dipanggil Gus Ipin dalam sambutannya mengatakan, bahwa kejujuran dan netralitas KPU tidak perlu disangsikan lagi.

Plt. Bupati Nur Arifin pun  memuji langkah KPU, yang menghadirkan seluruh kotak suara dalam rapat pleno, meskipun agenda hanya merekap hasil perhitungan di Kecamatan.

"Kalau secara proses, saya lihat akan berjalan aman dan saya berdoa semoga aman, karena di tingkat Kecamatan juga berjalan aman, meskipun di salah satu TPS ada yang dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) ,dan sebagainya," ungkapnya.

"Harapannya ini sudah proses akhir, karena mereka yang bertugas juga sudah cukup lelah, karena perjalananya cukup panjang, dan besok tanggal 30 sudah bisa keluar hasil pleno rekapitulasi suara Kabupaten,'' sambungnya

Sementara itu Ketua KPUD Trenggalek, Suripto, menyatakan bahwa hasil dari lembaga survei, maupun pihak lain yang dipublikasikan media massa, elektronik ataupun media sosial, bukanlah hasil resmi Pemilu. Termasuk juga dengan real count yang diselenggarakan oleh KPU sekalipun.

"Sesuai dengan peraturan Perundangan, hasil Pemilu yang sah adalah perhitungan manual secara berjenjang," ucap Suripto.

"Yang kita lakukan dalam rapat pleno terbuka ini adalah, rekapitulasi dari hasil rekapitulasi di tingkat Kecamatan, yang tertuang dalam formulir Model DA 1. Jadi dari DA 1 urutannya dari Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten, kita lakukan rekap," lanjutnya menjelaskan.

Suripto tidak memungkiri jika ada kendala di lapangan pada Pemilu kali ini, namun pada dasarnya kendala tersebut sudah dapat teratasi.

Seperti saat distribusi logistik yang terdapat kerusakan sebanyak 9 kotak suara di Kecamatan Kampak karena hujan, tetapi masalah segera teratasi dengan baik pada waktu itu juga. Rapat pleno bisa dikatakan sebagai forum resmi dalam proses rekapitulasi suara.

"Jika ada kekeliruan seperti salah menjumlah, ataupun yang lainnya dan mungkin ada perbedaan-perbedaan, kita konfrontir dengan para pihak terkait, seperti data yang dimiliki Saksi-Saksi, data yang dimiliki Panwas dan yang lainnya dan kita konfrontir bersama, kalau ada perbedaan kita selesaikan pada saat itu juga," terang Suripto

Karena di forum resmi tersebut, untuk melakukan pembetulan, perbaikan jika ada kekeliruan. Hal ini dapat diartikan setelah ditetapkan di Kecamatan dan semua saksi sudah menandatangani dan juga Panwas menyetujui hasil penghitungan. 

"Sedangkan di Kabupaten tinggal memindah saja dari hasil pleno di Kecamatan," pungkasnya.

Reporter : Tatang
Editor : Krisdiantoro
Berita 2
Berita Sebelumnya Sebanyak 34 Siswa SMANDALAN Talang Ubi Lulus SNMPTN
Berita Selanjutnya Keluarga Besar Quds Royal Hotel Surabaya Gelar Buka Puasa Bersama Anak Yatim

Komentar Anda