UniqMag
spece

PT. KAI Gelar Gerakan Nasional Selamat Diperlintasan Kereta Api

berita terkini
Seluruh undangan yang hadir dalam acara bersama PT.KAI
Berita 1

PASURUAN, (suarajatimpost.com) - Dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, khususnya pada pengendara kendaraan yang melintas di perlintasan Kereta Api tanpa palang pintu, PT.KAI (Kereta Api Indonesia) Daerah Operasi (DAOP) 8 Surabaya, bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan, Satlantas Polres Pasuruan, serta stake holder yang ada.
Jumat (03/05/2019), acara berlangsung di Kecamatan Rembang, tepatnya di samping perlintasan kereta api tanpa palang pintu jalan raya Bangil - Sukorejo, yang termasuk wilayah Desa Oro-Oro Ombo Wetan dengan menggelar launching bertemakan "Gerakan Nasional Selamat Diperlintasan Kereta Api".
Menurut keterangan yang disampaikan oleh Nur Setiawan Sidik, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian wilayah Jawa Bagian Timur yang mewakil Humas Daop 8 Surabaya,
"Gerakan Nasional Selamat Diperlintasan Kereta Api ini dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia," terangnya.
Ditambahkan, pada kesempatan kali ini, kami dari PT.KAI dan Dinas Perhubungan kabupaten Pasuruan, akan menambahkan atau memasang tanda rambu peringatan disetiap perlintasan kereta api tanpa palang pintu dan sirine serta menempatkan petugas jaga perlintasan.
Untuk tahun 2019 ini, pihak PT.KAI telah menerima usulan dari pihak Dishub dan Satlantas untuk memasang palang pintu di perlintasan KA.
Pemasangan palang pintu yang dimaksud yakni pada jalan raya yang memiliki tingkat kendaraan tinggi.
"Salah satu contoh ada di jalan raya Bangil-Sukorejo dan jalan masuk wilayah Yonkav Beji. Namun pemasangan palang pintu yang diusulkan tersebut akan terealisasikan pada tahun 2020 mendatang, saat ini untuk menekan angka kecelakaan akan kami tempatkan petugas terlebih dahulu disetiap perlintasan tanpa palang pintu," imbuhnya.
Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan Heri Yitno mengatakan bahwa dari total perlintasan KA di Kabupaten Pasuruan ada sebanyak 72 titik dan 35 titik tidak berpalang pintu.
"Dari hasil rapat evaluasi antara kami pihak PT. KAI, Satlantas Polres Pasuruan dan Polresta Pasuruan. Kami mengapresiasi langkah pengamanan perlintasan KA yang dilakukan oleh PT.KAI yakni menempatkan petugas jaga perlintasan tanpa palang pintu. Hal ini akan mengurangi tragedi kendaraan tertabrak KA," terang Heri Yitno.
Dari pantaun dilapangan, pada kesempatan tersebut Kadishub Heri Yitno bersama Kepala Badan Teknik Perkeretaapian Nur Setiawan Sidik, secara simbolis membuka papan rambu petunjuk perlintasan.
Nampak hadir dalam acara Gerakan Nasional Selamat Diperlintasan Kereta Api beberapa pejabat dari PT.KAI Daop 8 Surabaya, Satlantas Polres Pasuruan, Kapolsek Rembang, Danramil Rembang, Camat Rembang, Kades Oro-0ro Ombo dan masyarakat setempat.

Reporter : Sukron
Editor : Krisdiantoro
Berita 2
Berita Sebelumnya Seluruh Warga Binaan Rutan Kelas II B Bangil Digeledah
Berita Selanjutnya Keluarga Besar Quds Royal Hotel Surabaya Gelar Buka Puasa Bersama Anak Yatim

Komentar Anda