UniqMag
spece

Pemkab Lumajang Berencana Kembangkan Kawasan Strategis Ranupani

berita terkini
Bupati Lumajang (dari kanan nomer 2 berbaju batik lengan panjang)
Berita 1

LUMAJANG, (suarajatimpost.com) - Bupati Lumajang, Thoriqul Haq memaparkan rencana engembangan kawasan strategis Ranupani di hadapan Sekretaris Jenderal Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Anwar Sanusi di kantor Sekjend Kemendes PDTT Kalibata Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Jum'at (10/05/2019).

Demikian keterangan Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Lumajang, Ari Murcono melalui pesan singkat Whattapp dihari yang sama.

Dijelaskan, paparan Bupati tersebut merupakan tindak lanjut dari rencana pengembangan kawasan strategis  Ranupani yang dirancang sebelumnya. 

Dalam paparannya, Bupati yang akrab disapa Cak Thoriq itu menjelaskan, bahwa kondisi terkini danau Ranupani  masih menghadapi berbagai permasalahan, yang harus segera diselesaikan. 

Permasalahan itu antara lain, tumpukan sampah, sedimentasi (endapan lumpur), dan gulma yang menutupi fasad (permukaan) danau tersebut.

Cak Thoriq menjelaskan, dalam rencana pengembangan kawasan strategis ranupane, yang harus segera diperbaiki mencakup kawasan lingkungan pemukiman, fasilitas pendukung  pendakian Gunung Semeru dan Ranu Kumbolo. 

"Ya nanti rencananya, pengembangan kawasan wisata terpadu Ranupani dengan pengerukan kawasan Ranupani, penataan kawasan pedestrian (pejalan kaki) di lingkungan pemukiman, kawasan parkir, serta kemungkinan pembangunan homestay," jelasnya.

Sementara itu,  Sekjend Kemendes PDTT yang didampingi Direktorat Jenderal Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Direktorat Jenderal Pembangunan Kawasan Perdesaan, kala itu turut menyampaikan apresiasi atas paparan yang disampaikan Bupati Lumajang. 

Ia pun memberikan atensi untuk bisa segera ditindak lanjuti.

"Kami akan siap membantu sesuai koridor program di lingkup Kementerian PDTT. Misalnya, pembangunan ekonomi lokal (local economic development) dan penataan kawasan pedesaan, berikut sarana- prasarana desa wisata," terangnya.

Di sisi lain, Anwar Sanusi  memberikan saran agar Bupati Lumajang juga melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Kementrian Pekerjaan Umum, Kementrian Lingkungan Hidup, Kementrian Pertanian dan Kementrian Pariwisata.

"Sebagai langkah awal, kiranya Pak Bupati Lumajang bersedia jadi tuan rumah untuk even nasional Asosiasi Desa Wisata Indonesia (Asdewi). Sehingga kementerian PDTT bisa membantu dalam penataan lokasi kegiatan tersebut," imbuhnya.

Reporter : Hermanto
Editor : Krisdiantoro
Berita 2
Berita Sebelumnya Ketua Komisi II DPRD Sumenep Desak Pemkab Segera Bentuk Satgas Elpiji
Berita Selanjutnya Keluarga Besar Quds Royal Hotel Surabaya Gelar Buka Puasa Bersama Anak Yatim

Komentar Anda