UniqMag
spece

Selain Dinasos di Tulungagung, ULT PSAI Juga Berikan Pelayanan Bagi Anak Jalanan

berita terkini
Friezsando, Peksos Ult Psai Tulungagung
Berita 1

TULUNGAGUNG, (suarajatimpost.com) - Jelang lebaran 2019, Anjal (anak jalanan) masih seringkali ditemukan di sejumlah jalan-jalan protokol di Tulungagung. Terkait penanganannya, Unit Layanan Terpadu Perlindungan Anak Sosial Integratif Tulungagung menyebut jika masih belum maksimal.

Dari data yang direlease Unit Layanan Terpadu Perlindungan Anak Sosial Integratif Tulungagung, kini penanganan Anjal menjadi tanggungjawab tingkat Provinsi dengn dibentuknya sejumlah tim pemantau Anjal di setiap Kabupaten. Di Kabupaten Tulungagung selain Dinas Sosial, ULT PSAI turut mengambil bagian untuk memberikan pelayanan sosial terhadapnya.

Friezsando, pekerja sosial ULT PSAI Tulungagung menuturkan, jika Anjal mendapat perhatian khusus dari Pemprov, dengan dibentuknya tim pemantau di bawah naungan Pemprov. 

“Anjal tersebut, tidak hanya menjadi permasalahan lokal, karena melihat letaknya, Tulungagung itu sebenarnya hanya menjadi wilayah transif, misalnya dari Blitar ke Jogja, atau dari Trenggalek ke Surabaya,” terangnya. 

Selain itu, dengan dibentuknya tim pemantau dari Pemprov, pihaknya  berupaya bersana-sama untuk melakukan pemetaan terhadap keberadaan Anjal di masing-masing wilayah.

“Kalau anjal khusus di Tulungagung, itu hanya sedikit,” jelasnya singkat.

Lebih lanjut, Friez menjelaskan, persoalan Anjal tersebut memang menjadi permasalahan yang sulit dipecahkan kecuali memang setiap wilayah mampu mengatasinya. 

“Saya mencontohkan seperti yang ada di Kabupaten Nganjuk, di sana semua stakeholder bersama-sama untuk menata peredaran Anjal. Mulai dari proses pendekatan di Warkop, sampai di ajak ke rumah aman. Jadi itu butuh proses,” jelasnya. 

Namun, secara umum, keberadaan Anjal pada bulan puasa tahun ini, memang terpantau lebih menurun.

“Tahun ini, lumayan turun karena kita juga jarang mendapat laporan, dan memang sudah menurun melihat kasus yang masuk di Satpol PP,” paparnya.

Reporter : Latif Syaifudin
Editor : Krisdiantoro
Berita 2
Berita Sebelumnya Bulan Puasa, Pedagang Insidental di Tulungagung Ramai di Beberapa Titik
Berita Selanjutnya Bawa Sajam, Pria Pasrujambe Terjaring Operasi Pekat di Klakah Lumajang

Komentar Anda