UniqMag
Diknas Jombang

Situs Pekauman Bondowoso Terancam, Disbudpar Provinsi Jatim Larang Alat Berat Pabrik Triplek Beroperasi

berita terkini
Salah satu pegiat cagar budaya sedang mengamati galian pondasi perluasan pabrik triplek di Situs Pekauman.
Berita 1

SITUBONDO, (suarajatimpost.com) - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Wirabhumi terus memantau perkembangan penyelesaian polemik perluasan pabrik triplek dengan para pegiat cagar budaya lokal, Forum Bondowoso Tempo Doeloe.

"Terkait status cagar kebudayaan Situs Pekauman, Grujugan, Bondowoso yang rusak akibat perluasan pabrik, kami dari Situbondo juga ingin hal ini dapat diselesaikan dengan dihentikannya alat berat yang bekerja. Hal itu untuk mencegah kerusakan lebih parah," tutur Sumarwan, Bidang hukum dan advokasi LSM Wirabhumi, Sabtu (18/5/2019).

Sementara itu dari Bondowoso diperoleh informasi, bahwa sejak Sabtu pagi alat berat sudah tidak bekerja lagi. Informasi tersebut disampaikan oleh Afif, salah seorang anggota Forum Bondowoso Tempo Doeloe.

"Sudah berhenti bekerja ,mas. Hari ini ada kajian tim ahli serta dialog," ucapnya

Dihubungi terpisah via akun WhatsApp, Kasi Cagar Budaya di Disbudpar Provinsi Jatim, Endang Prasanti membenarkan jika alat berat sudah dilarang beroperasi di kawasan situs.

"Hari ini dimulai kajian yang dilakukan dari Pemerintah Provinsi, Pemkab Bondowoso dan BPCB Jatim," ungkapnya.

"Dan kebijakan yang akan diambil tentu menunggu hasil dari kajian tersebut. Sementara ini yang bisa kami informasikan," pungkasnya.

Reporter : Irwan Rakhday
Editor : Krisdiantoro
Berita 2
Berita Sebelumnya Ketua MUI Sukorejo Tolak Keras Gerakan People Power
Berita Selanjutnya DLH Probolinggo Adakan Pembinaan Tanaman MPTS

Komentar Anda