UniqMag
jamu

Cuaca Tak Menentu, Petani Tembakau Kasturi Jember Mengeluh

berita terkini
Amina (45) warga Desa Lembengan, Kecamatan Ledokombo saat mengkemas jemuran tembakau kasturi
ad

JEMBER,( suarajatimpost.com) - Sejumlah petani tembakau di Jember utara mengeluh, akibat kondisi tembakau kurang baik, diakibatkan cuaca yang tidak menentu.

Menurut pengakuan salah satu petani Amina (45) warga Desa Lembengan, Kecamatan Ledokombo menyampaikan kalau pada musim tanam kali ini cukup merugi.

“Kalau harga masih stabil, sekarang yang dipersoalkan petani harus dihadapkan kepada kondisi tembakau, perusahan pastinya akan ambil tembakau yang standart  perusahaan, kalau hitam seperti ini tidak mau belandang membelinya,” tuturnya saat ditemui di sepanajng jalan Ledokombo,Kamis, (12/10) siang.

Ditambahkan oleh ibu dua orang anak ini, kalau curah hujan di wilah Jember Utara masih sering turun , sehingga saat menjemur ribuan tembakau harus menyiapkan tenaga khusus, yang betul-betul siap jika hujan tiba-tiba turun.

Menurut sumber berita bahwa informasi BMKG yang di tembuskan kepada UPT Dinas Pertanian bahwa cuaca anomali dan kondisi hujan ekstrim masih rawan terjadi di Kabupaten Jember.

“Kalau kita tidak siap siaga, kalau kondisi sudah hamper kering bisa hancur tembakau, bahkan menghitam sehingga daya belinya sangat rendah,”tutupnya.

Reporter : Imam Khairon
Editor : Hairul Arifin
ad
Berita Sebelumnya Teluk Ijo Banyuwangi Sebagai Wahana Traveling
Berita Selanjutnya Siaga Natal dan Tahun Baru 2018, PT PLN Area Pamekasan Gelar Apel Pasukan

Komentar Anda