UniqMag
ad

'Wow' Limbah Cair PG Semboro Jember Bermanfaat Untuk Sektor Pertanian

berita terkini
Pihak PG Semboro saat menunjukan proses saluran pengolahan limbah
ad

JEMBER,(suarajatimpost.com)  - Seringkali penanganan limbah jadi permasalahan serius bagi perusahaan perusahaan besar terlebih limbah cair yang dihasilkan dari proses produksi, namun tidak demikian yang terjadi di Pabrik Gula (PG) Semboro Kabupaten Jember Jawa timur.

Memang sebelumnya, pengolahan limbah cair di PG Semboro ini menggunakan sistem fermentasi alam yang tentunya cara ini dinilai menghabiskan lahan dan tidak ramah lingkungan.

"Limbah menggenang dan proses fermentasi lama," kata Hariwiyadi mandor limbah, unit pengolahan limbah PG Semboro. Sabtu (15/10).

Secara teknis Hari menerangkan, sejak tahun 2007 proses pengolahan limbah cair di PG Semboro secara umum menggunakan microba baik untuk tanaman pertanian

 "Dari dalam pabrik dengan menggunakan pompa listrik limbah cair dari dalam pabrik disedot lalu masuk ke unit pengolahan limbah, pertama masuk ke In hose Keeping lalu naik kembali di kolam Ekoalisasi  lalu di naikkan kembali dan dicampur menggunakan Urea dan Fosfat yang besarnya disesuaikan dengan debit air limbah yang masuk," jelasnya.

Setiap jam lanjut diakatakan bahwa limbah cair yang masuk ke saluran penampungan in hose keeping rata - rata mencapai 17 hingga 20 meter kubik,

"Setelah itu masuk kepenampungan di kolam Aerasi, di kolam aerasi inilah dikembangkan bakteri Inola 221 dimana bakteri ini sudah dikembangkan sejak sebelum musim giling dimulai, dan pada saat musim giling tiba bakteri siap digunakan," terangnya.

Reporter : Agus Gunawan
Editor : Fani Wulandari
ad
Berita Sebelumnya Teluk Ijo Banyuwangi Sebagai Wahana Traveling
Berita Selanjutnya Mimpi Samanhudi, Menjadikan Banyuwangi Sebagai Sentra Beras Organik

Komentar Anda