UniqMag
PDAM Muara Enim

Air Terjun Damar Wulan 'Surga Tersembunyi' di Kabupaten Jember

berita terkini
Faidzin Adi (33) salah seorang pengunjung wisata air terjun 'Damar Wulan'
Tarsun

JEMBER,(suarajatimpost.com) - Bagi anda pecinta wisata alam di Kabupaten Jember, siapa bilang Jember utara tidak ada destinasi wisata, di Kecamatan Ledokombo, anda bisa menjumpai beberapa tempat wisata alam yang masih asri yang sulit ditemukan di tempat lain.

Salah satunya air terjun Salak atau oleh masyarakat setempat disebut air terjun “Damar wulan“ yang sampai saat ini masih menjadi icon tempat wisata gratis kaula muda dan keluarga untuk sekedar melepas penat.

Untuk sampai ketempat ini, hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam berangkat dari pusat kota Jember, alat transportasi bisa dilalui dengan menggunakan roda empat.

Tetapi sensasi akan lebih tertantang ketika menggunakan sepeda motor, karena satu kilometer sebelum sampai ke air terjun, hanya bisa dilalui roda dua. 

Karena kondisi jalan yang harus dilalui masih jalur alami, harus melewati bentangan sawah milik warga sembari menikmati hijaunya tanaman padi dan nyanyian burung pagi.

Air terjun ini berada di Dusun Salak, Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo. Anda tidak butuh merogoh kantong terlalu dalam, di tempat wisata air terjun “Damar wulan”ini, cukup hanya membayar 2 ribu rupiah saja, untuk parkir sepeda motor, sudah bisa sepuasnya menikmati eksotika keindahan alam yang tiada duanya.

Derasnya air yang jatuh dari atas bukit yang rimbun oleh aneka tanaman tropis memberikan atmosfir kesejukan bagi pengunjung yang berada di sekitarnya.

Di bawah air terjun terdapat kolam kecil, cukup untuk sekedar mencari sensasi atau sekedar berfoto ria untuk mengabadikan sebagian kecil surga dunia yang tersebunyi ini. Pantulan matahari membuat beningnya mata air, tampak terlihat pasir-pasir kecil menambah eloknya suasana.

Suara gemuruh air yang jatuh memberi sensasi tersendiri. membuat rasa lelah setelah perjalanan darat yang cukup menguji adrenalin langsung terbayar. Sensasi yang lain makin terasa saat mengarahkan pandangan ke sekeliling air terjun.

Ornamen tembok batu alam yang ditumbuhi pakis mengelilingi air terjun, membuat hati merasa sangat begitu kecil, betapa besar keagungan Tuhan menciptakan alam.

Menurut cerita sesepuh warga, penamaan 'Damar Wulan' tidak lepas dari peristiwa sejarah, yang diceritakan secara turun termurun bahwa tempat tersebut konon dijadikan tempat bermainnya Raden Damar Wulan salah satu pangeran sakti di Kerajaan Blambangan.

Ditempat itu juga, putra raja itu mengikat janji dengan putri permaisuri Anjasmoro yang menjadi tambatan hatinya yang diperebutkan oleh salah satu tokoh antagonis Minak Jinggo yang juga ingin merebut hati Anjasmoro.

Untuk mengabadikan sejarah, Tokoh Masyarakat setempat sepakat memberi nama air terjun tersebut dengan nama 'Damar Wulan' dengan harapan nama tokoh legenda tersebut tidak hilang sampai akhir jaman.

Baca : Begini Sejarah Penamaan Air Terjun “Damar Wulan” Jember

Tidak heran, jumlah pengunjung bisa diatas 200 orang lebih, selain dari sisi sejarah tempat ini menjadi incaran para turis, bahkan wisatawan nusantara dari luar kabupaten dan manca negara sering bermalam ditempat ini.

Tak perlu khawatir kehausan dan merasa lapar, sebagian warga sudah menyiapkan makanan ringan dan minuman dengan harga bersahabat tidak perlu menguras isi kantong terlalu banyak, sehingga para pengunjung tak perlu direpotkan dengan membawa dari rumah.

Ditempat ini, juga dimanjakan dengan sewa ban murah bagi yang ingin berselancar atau sekedar mandi di sendang pemandian untuk merasakan sejuknya air pegunungan.

Beberapa stasiun TV swasta pernah mengabadikan dan mempromosikan air terjun ini. Air terjun yang memiliki ketinggian 15 meter ini, merupakan bagian dari aliran yang berasal dari mata air pegunungan alami Gunung Raung.

Keunikan lain, wisata alam ini berada di tengah bentangan sawah dan relief pemandangan alam sehingga masih natural dilihatnya. Penasaran, silahkan datang ke obyek wisata alam air terjun “Damar Wulan” membawa teman, kerabat dan saudara.

Harus diakui, Kabupaten Jember sebenarnya tidak kalah dengan kabupaten tetangga, air terjun ‘Damar Wulan” adalah salah satu potensi dan aset Kabupaten Jember yang masih belum mendapat perhatian maksimal dari pemerintah.

Harapan bersama, tempat wisata ini apabila dikelola dan kembangkan akan menjadi simbol kebanggaan destinasi wisata alam Kabupaten Jember khususnya dan Jawa Timur pada umumnya.(*)

Reporter : Imam Khairon
Editor : Abdus Salam
ad
Berita Sebelumnya 'Adudul' Tradisi Warisan Budaya Suku Madura Yang Ditinggalkan
Berita Selanjutnya Gara-gara Ludah, Tiga Orang Diamankan Polres Sumenep

Komentar Anda