UniqMag
PASANG IKLAN

Jaga Kerukunan, Misa Natal di Jember Dijaga Tokoh Agama Lain

berita terkini
Perayaan Misa Natal dijaga oleh puluhan Tokoh Agama lain
inf

JEMBER,(suarajatimpost.com) - Salah satu bentuk kerukunan umat beragama di Dusun Krajan Kidul, Desa Sukorno, Kecamatan Umbulsari, Jember tidak bisa di pungkiri lagi.

Salah satunya yang tampak jelas kentara adalah perayaan Misa Natal umat Kristiani yang sedang melaksanakan khidmat beribah semalam dijaga oleh aparat negara dan juga puluhan tokoh agama lain seperti Hindu dan Islam.

Sebutan gelar Indonesia Mini Desa Sukorno tidak bisa di pungkiri lagi, karena keanekaragaman agama dalam satu kawasan Dusun Krajan Kidul tersebut berjalan seiring sejalan dan tidak ada kata mencela satu sama lain.

Malahan yang terjadi di desa tersebut adalah keakraban, semisal salah satu agama menjalankan ibadah dan juga merayakan hari besar keagamaan tidak usah diminta dua kali lagi untuk datang dan membantu bersama-sama.

Semisal seperti yang terjadi semalam waktu umat Kristiani yang menjalankan ibadah Misa Natal di Gereja Theresya, puluhan warga kawasan tersebut memakai baju menurut keyakinan masing-masing menjaga depan gereja dan juga mengamankan jalan dan kendaraan para jemaat yang menjalankan Misa.

Menurut Agustinus Gianto salah satu Tokoh Umat Kristiani," tahun ini kami sangat tenang dan nyaman menjalankan misa natal karena saudara kami dari lain agama menjaga kami dengan baik" ujarnya,(25/12) sambil mata berkaca-kaca.

Sudarmono Tokoh Pemuda Hindu yang juga sebagai aparat kepolisian Sektor Umbulsari berpangkat Brigpol tersebut mengatakan bahwa di daerahnya rak terpengaruh oleh isu yang santer di luar.

"Kami menjaga kerukunan di Desa Sukorno ini sudah ratusan tahun, dan apapun isu diluar terjadi tentang agama kami tetap hidup rukun dan saling hormat menghormati," pungkas Sudarmono yang pandai menari bali tersebut.

Reporter : Ema Wasta
Editor : Abdus Salam
inf
Berita Sebelumnya Butuh Liburan Bareng Keluarga, Ayo ke Pantai Toraja Sumenep
Berita Selanjutnya Jejalkan Semangat Usaha Lewat Jajanan Khas Jarak Dolly Surabaya

Komentar Anda