UniqMag
PDAM Muara Enim

MCW Desak Kejari Mengusut Pemutihan Pajak Big Bos

berita terkini
Kejari Batu
Tarsun

BATU, (suarajatimpost.com) - Malang Corruption Watch (MCW) mempertanyakan keseriusan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Batu mengusut tuntas  kasus dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi di tubuh Pemkot Batu. Sebab, menurut Ketua Badan Pekerja MCW, Zainudin, banyak kasus yang hingga kini tidak jelas proses pengusutan kasus-kasus dugaan korupsi tersebut. 

Diantara kasus-kasus tersebut  disebutkan seperti tindak lanjut kasus  PT BWR, dan kasus pengurangan piutang pajak  salah satu big bos  yang ada di Kota Batu.

''Padahal data-data sudah banyak yang kami serahkan,'' ujar dia. 

Dia khawatir pengusutan kasus-kasus tersebut menguap begitu saja. Sebab, pengusutannya  kurang transparan, sehingga publik tidak mengetahui.  Sehingga, masyarakat berpikir bila uang pemutihan pajak puluhan miliar itu dijadikan bancakaan.

"Makanya, MCW berharap dan mendesak kasus korupsi di Kota Batu benar-benar ditindak lanjuti. MCW tidak ingin kasus korupsi yang terjadi di tubuh Pemkot Batu menguap dan tak jelas tindak lanjutnya,'' tutur dia.

Untuk itu dia mempertanyakan tindak lanjut penanganan kasus-kasus tersebut. Terutama, soal dugaan kasus  hutang pajak pengusaha besar di Kota Batu. Menurut Zainudin sebenarnya kasus piutang pajak untuk Pemkot Batu itu sangar sederhana.

''Alasannya kenapa  dilakukan pemutihan atau pengurangan pajak terhadap salah satu wajib pajak (WP) itu hanya melalui surat keputusan Wali Kota Batu. Sebenarnya ada kepentingan apa di balik itu semua,'' pungkasnya.

Dijelaskan dia bahwa sesuai catatan MCW, piutang pajak tersebut mencapai Rp 42 miliar. Melalui keputusan Wali Kota Batu, pajak terhutang itu diputihkan hanya menjadi sebesar  Rp 2 miliar.

Padahal, soal pajak yang belum dibayar oleh pengusaha besar itu masuk dalam catatan peringatan dari BPK setiap tahunya. Sehingga, menimbulkan spekulasi karena banyak kejanggalan yang mencurigakan. ''Kok malah diputihkan dari Rp 42 miliar menjadi Rp 2 miliar. Itu aneh sekali,''tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kejari Kota Batu, Nur Chusniah SH sampai berita ini ditulis  belum bisa dikonfirmasi. 

Reporter : Hery Yulianto
Editor : Hairul Arifin
ad
Berita Sebelumnya 'Adudul' Tradisi Warisan Budaya Suku Madura Yang Ditinggalkan
Berita Selanjutnya Gara-gara Ludah, Tiga Orang Diamankan Polres Sumenep

Komentar Anda