UniqMag
Udapan Tahun Baru

DPRD Komisi B Jember : Buruh Tani Pun Harus Didata

berita terkini
Seorang petani sedang pemupukan di persawahan padi di Dusun Mandilis, Desa Sanenrejo, Kecamatan Tempurejo, Jember.

JEMBER,(suarajatimpost.com) - Komisi B DPRD Jember menilai sektor pertanian di Kabupaten Jember memerlukan terobosan baru agar lebih maju. Salah satunya diawali dengan pendataan jumlah buruh tani.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Komisi B DPRD Jember Bukri, Selasa (3/12). Menurutnya, pendataan dari Pemkab Jember hanya berbasis kelompok tani.

"Padahal, jumlah buruh tani ini jauh lebih banyak dibandingkan petani itu sendiri. Mereka (buruh tani) yang tidak memiliki lahan juga harus di perhatikan oleh pemerintah daerah," jelas Bukri.

"Perlu dilakukan pendataan by name by address kepada buruh tani. Sehingga, Pemkab memiliki data jika akan memberikan bantuan peningkatan kesejahteraan kepada mereka," imbuhnya.

Bukri menyebutkan, sektor pertanian ini memiliki andil yang cukup besar terhadap perekonomian di Kabupaten Jember. Sebesar 40 persen profesi pekerjaan di Kabupaten jember adalah bertani.

"Hasil pertanian yang diperoleh tidak hanya dipengaruhi oleh luasnya lahan pertanian dan lengkapnya sarana dan prasarana pertanian saja, tetapi juga ditunjang oleh kinerja dari para buruh tani," terang legislator PDI-P itu.

Sementara untuk anggaran yang disediakan, lanjut Bukri, masih belum difokuskan pada para petaninya. Namun malah diprioritaskan pada pemenuhan sarana prasarana saja.

"Anggaran yang ada hanya digunakan untuk peningkatan kualitas, pemasaran, (perbaikan) irigasi bersama dengan Gapoktan, tapi arahnya tidak kepada petani (secara langsung),” tuturnya.

Pihaknya menghimbau kepada pemerintah melalui Dinas Pertanian Kabupaten Jember untuk memperhatikan para buruh tani ini dalam meningkatkan potensi pertanian di Kabupaten Jember. “Tidak hanya sarana prasarana yang dilengkapi, tetapi kesejahteraan dari buruh tani juga harus diberdayakan,” tandasnya. 

Reporter : Deni Ahmad Wijaya
Editor : Ismi Fausiah
ad
Berita Sebelumnya Bangku Warkop 'Pindah' ke Tengah Jalan Raya Situbondo
Berita Selanjutnya Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Diperketat Jelang Kedatangan Raja Arab Saudi

Komentar Anda