UniqMag
jamu

Awal Tahun, Stok Obat di Rs. Dr. Soebandi Jember Kosong

berita terkini
Komisi D DPRD Jember saat sidak obat di gudang farmasi tahun lalu.
ad

JEMBER, (suarajatimpost.com) - Memasuki awal tahun 2017, stok obat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soebandi Jember Kosong. Kabar ini disampaikan Ketua Komisi D DPRD Jember Muhammad Hafidi usai dikonfirmasi ulang, Rabu (4/1).

Hafidi pun sempat berang dengan kejadian ini. Pasalnya, anggaran operasional untuk RSUD rujukan wilayah Tapal Kuda itu mencapai Rp 160 miliar per tahun.

“Kami tahu sendiri tidak ada obatnya di rumah sakit. Alasannya karena memang stok obat sedang habis. Ini mengakibatkan sejumlah pasien rumah sakit ini terpaksa diminta menebus obat dari apotik yang ada di luar rumah sakit," terang Hafidi.

Yang membuat legislator PKB ini semakin geram yakni kondisi ini terjadi saat kondisi cuaca yang sedang buruk. Dimana, kebutuhan obat diprediksi meningkat seiring banyaknya masyarakat yang sakit.

“Kalau di rumah sakit tidak ada, apakah masyarakat yang sakit disuruh minum beras kencur?,” ketus Ketua Fraksi Kebangkitan Bangsa itu.

Menurut Hafidi, RS. dr. Soebandi sudah menjadi Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) pada tahun 2016, dan memiliki anggaran operasional mencapai Rp 160 miliar. Ini untuk kebutuhan operasional yang sesuai dengan perencanaan anggaran yang diajukan oleh rumah sakit. “Dana operasional BLUD ini, juga termasuk obat didalamnya,” tegas Hafidi.

Sementara Humas RSUD Dr. Soebandi Justina Evy Tyaswati saat dikonfirmasi, Rabu (4/1), menjelaskan, persediaan obat kosong karena terkendala dari distributor dan beberapa obat tersebut belum terbayar.

"Kendati stok sebagian obat kosong, pelayanan dan pemberian obat kepada pasien di RSUD dr Soebandi tetap berjalan normal," ucap dokter yang juga menjadi Koordinator Klinik VCT RSD dr Soebandi Jember itu.

Solusinya, lanjut Evy, pihak rumah sakit menggunakan obat pengganti yang fungsinya sama dengan obat yang stoknya kosong tersebut, karena ada macam-macam obat yang memiliki fungsi sama. "Kami berharap stok obat yang kosong di Soebandi kembali normal," tandasnya.

Reporter : Ari Irawan
Editor : Hairul Arifin
ad
Berita Sebelumnya Air Terjun Damar Wulan 'Surga Tersembunyi' di Kabupaten Jember
Berita Selanjutnya Bandar Narkoba di Mojokerto Tewas Dengan Timah Panas

Komentar Anda