UniqMag
ad

Nihil Akte Kelahiran, Siswi Jember Terancam Gugur Ikuti Lomba Pidato Bahasa Arab di Jatim

berita terkini
Siti Jazirotul Jannah (tengah) memperlihatkan piala lomba pidato bahasa Arab tingkat Kabupaten.
ad

JEMBER - Dikarenakan tidak memiliki akte kelahiran, Siti Jazirotul Jannah (14) yang merupakan juara pidato bahasa Arab dalam Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) tingkat madrasah Kabupaten Jember, terancam gagal mengikuti lomba di tingkat Provinsi Jawa Timur.

Siswi kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darur Ridwan di Desa Suco, Kecamatan Mumbulsari, Jember itu tidak memiliki akte kelahiran karena budaya di desa setempat jarang memperhatikan pentingnya administrasi kependudukan.

Kepala MTs Darur Ridwan, Imam Hambali mengatakan, sebagian besar siswanya tidak memiliki akte kelahiran karena mayoritas penduduk di desa setempat warga yang kurang mampu dan tidak mengetahui pentingnya akte kelahiran untuk proses administrasi.

"Kami sudah berkoordinasi dengan kepala desa terkait persoalan akte kelahiran yang belum dimiliki Siti, agar bisa mendapatkan akte kelahiran secepatnya," tutur Imam, Jumat (6/1).

Pihak MTs Darur Ridlwan, akan mengupayakan semaksimal mungkin, agar Siti bisa memiliki akte kelahiran sebelum pertengahan Februari 2017. Pasalnya,  Aksioma Jatim dilaksanakan pada 15-18 Februari 2017 di Kediri.

Sementara Siti Jazirotul Jannah mengaku sangat ingin mengikuti lomba pidato bahasa Arab dalam Aksioma tingkat Provinsi Jatim mewakili Kabupaten Jember, namun sejauh ini terkendala persyaratan akte kelahiran.

"Saya tidak memiliki akte kelahiran, tetapi saya ingin mewakili Jember di Aksioma Jatim dan berharap bisa menang," ucap pelajar yang gemar belajar bahasa Arab itu.

Sementara Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Arif Tjahyono saat dikonfirmasi mengatakan, proses pengurusan akte kelahiran siswi berprestasi Aksioma tersebut bisa diproses di tingkat kecamatan sesuai dengan prosedur.

"Kalau memang dibutuhkan secepatnya, maka yang bersangkutan bisa meminta surat pengantar dari kecamatan untuk diproses di Dispendukcapil Jember, agar akte kelahiran tersebut bisa secepatnya didapatkan," tuturnya.

Dispendukcapil Jember, lanjut Arief, siap membantu siswi berprestasi tersebut dengan menerbitkan akte kelahiran secepatnya, asalkan seluruh persyaratan untuk membuat akte kelahiran sudah lengkap.

Reporter : Deni Ahmad Wijaya
Editor : Hairul Arifin
ad
Berita Sebelumnya 'Adudul' Tradisi Warisan Budaya Suku Madura Yang Ditinggalkan
Berita Selanjutnya Mimpi Samanhudi, Menjadikan Banyuwangi Sebagai Sentra Beras Organik

Komentar Anda