UniqMag
PDI Perjuangan

Anggaran Kedinasan DPRD Kota Malang Dipangkas, Ketuanya Malah Apresiasi

berita terkini
Arif Wicaksono, Ketua DPRD Kota Malang.

MALANG RAYA, (suarajatim.post.com) -  Pemangkasan anggaran dana perjalanan dinas Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  Kota Malang, mendapat respon positif dari Ketua DPRD setempat.

Arif Wicaksono mengatakan bahwa terkait pemangkasaan anggaran, yang dilakukan oleh Pemprov Jatim sudah benar dan wajib diikuti prosedurnya, karena itu bagian dari penghematan anggaran.

 “Jadi soal pemangkasan anggaran dinas oleh pihak Pemprov Jatim, kita positif dan kita respon penggunaannya dengan penyesuaian nantinya. Hasil kajian terkait cantuman dana dinas kan bersifat usulan. Jika memang perku terjadi pemangkasan oleh Gubernur Jatim, yah tidak ada yang harus dipersoal lagi,” jelas Ketua Dewan.

Pemangkasan tersebut yang terbilang cukup banyak. Tahun 2017 ini, usulan Dewan dalam pencantuman anggaran sebesar Rp 28 miliar. Namun dari hasil evaluasi, Gubernur Jawa Timur memangkas anggaran tersebut sebesar Rp 8,7 miliar. 

Maka Dewan harus kembali melakukan jadwal dan pengaturan ulang perencanaan perjalanan dinas luar kota yang telah disusun sebelumnya.

Sekretaris DPRD Kota Malang, Bambang Suhariadi mengatakan bahwa efek dari pemangkasan anggaran itu  akan mengurangi jumlah perjalanan dinas. Tentu saja koordinasi dengan pihak pemerintah pusat juga berkurang otomatis.

“Dana perjalanan dinas itu meliputi pembelian tiket, penginapan dan uang harian bagi para anggota dewan yang melakukan tugas keluar kota, maka besarannya nilai uang harian beragam,sesuai dengan aturan Kementrian Keuangan,” tutur Bambang, Rabu (11/01).

Ditambahkan olehnya, bahwa hal hal yang berkaitan dengan penggunaan anggaran dalam perjalanan dinas bagi anggota dewan, antara lain melakukan koordinasi dan studi banding.

Menanggapi persoalan pemangkasan anggaran, Bambang selaku sekrettaris Dewan akan berkoordinasi dengan  Arif Wicaksono, ketua DPRD Kota Malang, untuk penyesuaian perjalanan dinas bagi anggota dewan dengan anggaran yang ada.

Reporter : Hery Yulianto
Editor : Hairul Arifin
ad
Berita Sebelumnya Kejari Usut Kasus Korupsi PSSI Jember Rp 4,3 Miliar
Berita Selanjutnya Kedapatan Angkut Minyak Mentah, Warga Pati Diamankan Polisi Bojonegoro

Komentar Anda