UniqMag
Perum Bojonegoro

Gerakan Cinta Buya Adukan Tiga Media Online ke Polres Sumenep

berita terkini
Koordinator Aksi, Satnawi saat diwawancarai usai dari Polres.
ad

 

SUMENEP, (suarajatimpost.com) - Puluhan warga mendatangi Polres Sumenep, untuk mengadukan tiga media online yang dinilai merendahkan Bupati A. Busyro Karim,  Selasa (11/07). 

Mereka mengatasnamakan Gerakan Cinta Buya (GCB) yang terdiri dari Loyalis Cinta Buya, Alumni Ponpes Al Karimiyyah dan Sajan Mantep.

Media yang mereka adukan adalah suaraindonesia-news.com, FaltualNews.co dan Momoonlines.com.

Koordinator GCB, Satnawi menyampaikan bahwa pemberitaan yang disebar oleh tiga media tersebut, sangat merendahkan terhadap citra Bupati yang berlatar belakang kiai. 

Ia pun menerangkan alasan dari pelaporan yang dilakukan terhadap ketiga media tersebut, pertama menurutnya, Menyebar kebencian lewat pemberitaan (9 juli 2017) yang menyudutkan pribadi KH. A. busyro karim sebagai pengasuh pondok pesantren Al-Karimiyah dan Bupati Sumenep.

"Kami menilai bahwa pada pemberitaan tersebut menimbulkan ketidak nyamanan ditengah keluarga A. Busyro Karim," jelasnya. 

Pihaknya menilai telah menyebar fitnah ke publik, dan terindikasi, melanggar kode etik jurnalistik yang tertuang dalam UU Pers no 40 th 1999 pasal 7 ayat 2. Yaitu tidak menghormati hak privasi setiap warga.

"Kami meminta agar aparat kepolisian dapat menjerat, penanggung jawab media yang sudah kami laporkan sesuai hukum yang berlaku, dan segera memprosesnya," imbuhnya. 

Sementara,  Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Suwardi membenarkan adanya pengaduan yang dilakukan oleh sejumlah warga Sumenep.

"Laporan itu merupakan pengaduan dari masyarakat, bukan korban yang dirugikan yang mengadu. Kalau korban yang dirugikan berarti kan pak Bupati Busyro," jelasnya.

Dijelaskan Suwardi, pengaduan sudah diterima, sekarang tugas polisi melakukan penyelidikan.

"Kita akan lakukan penyelidikan dulu, kita masih akan kumpulkan bukti-bukti, baru nanti kita naikkan ke punyidikan kalau ditemukan bukti-bukti kuat, prosesnya masih panjang," pungkasnya.

Reporter : Hairul Arifin
Editor : Ismi Fausiah
ad
Berita Sebelumnya Butuh Liburan Bareng Keluarga, Ayo ke Pantai Toraja Sumenep
Berita Selanjutnya Mengisi Waktu Istirahat dengan Olahraga Bersama 

Komentar Anda