UniqMag
PDAM Muara Enim

Babinsa Banyuputih Lor Bersama Timkes Kampanyekan Imunisasi Measles - Rubella

berita terkini
Serda Suwandi (berseragam) saat dipelaksanaan imunisasi.
ad

LUMAJANG, (suarajatimpost.com) - Babinsa Desa Banyuputih Lor Koramil 0821/07 Randuangung Serda Suwandi berperan aktif dalam membantu pelaksanaan kampanye imunisasi Measles Rubella bertempat di Posyandu Pelita Harapan desa setempat, Rabu (12/7).

Kegiatan yang dihadiri Kepala Puskesmas Kecamatan Randuagung dr. Hany Setyowati dan bidan desa Banyuputih Lor Nova, Amd, Keb serta warga desa Banyuputih Lor terutama kaum ibu yang mempunyai balita berlangsung cukup antusias.

Dikatakan dr. Hany Setyowati selaku kepala Puskesmas kecamatan Randuagung, bahwa Kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) adalah suatu kegiatan imunisasi secara massal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun.

"Ini dilakukan tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya karena Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk dan bahkan bisa menyebabkan kematian balita apabila tidak ditangani secara serius," ungkapnya.

Masih kata dr. Hany, Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital yang meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan.

"Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah melalui Imunisasi dengan vaksin MR, metode ini adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus, untuk itu dalam kegiatan ini nantinya diharapkan dapat dipahami oleh kaum ibu sehingga dapat mewujudkan program balita sehat," tegas dr. Hany.

"Bulan Agustus mendatang rencananya Imunisasi MR diberikan untuk Anak Usia Sekolah 7 tahun s.d 15 tahun atau anak sekolah SD/MI/ Sederajat, SMP/MTS/sederajat, Kalau ada yang sudah berusia 15 tahun bersekolah di SMU/sederajat harus juga diberikan imunisasi MR, selanjutnya akan terus berjenjang," tukasnya. 

Sementara Babinsa Desa Banyuputih Lor Serda Suwandi disela acara juga menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan program pemerintah terutama dibidang Kesehatan balita dan kaum ibu dengan maksud dan tujuan melindungi dari kecacatan dan bahkan menyebabkan kematian yang diakibatkan oleh penyakit campak.

"Dengan adanya program kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) ini diharapkan dimasa mendatang tidak ada lagi anak balita diwilayah Randuangung khususnya di desa Banyuputih Lor yang menderita penyakit campak sehingga dapat mewujudkan balita sehat, cerdas dan pintar sebagai harapan generasi penerus bangsa," pungkas Babinsa.

Reporter : Hermanto
Editor : Fani Wulandari
ad
Berita Sebelumnya Pererat Silaturahmi, Koramil Klakah Adakan Halal Bihalal
Berita Selanjutnya Selundupkan Arak, Warga Tuban Diringkus Polisi Jombang

Komentar Anda