UniqMag

Koramil Pasirian Lumajang Dampingi Kemitraan Bidan dan Dukun Bayi

berita terkini
Suasana saat pertemuan.
ad

LUMAJANG, (suarajatimpost.com) - Tidak hanya bidang pertanian saja, TNI juga melaksanakan pendampingan program di bidang lain, termasuk bidang kesehatan. Seperti  dilaksanakan Koramil 0821/08 Pasirian Lumajang Jawa Timur lakuka. pendampingan kemitraan antara bidan dan dukun bayi, di Balai Desa Bades Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang, Minggu (16/07).

Pertemuan yang dihadiri oleh Kepala Puskesmas Pasirian, jajaran Forkopimka Pasirian, Petugas Dinas Kesehatan, bidan desa dan dukun bayi yang berada di wilayah Desa Bades bertujuan untuk membentuk komitmen kesepakatan kemitraan antara bidan desa dan dukun bayi agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam membantu masyarakat yang akan melahirkan. 

Kepala Puskesmas Pasirian dr. Musdalifah mengatakan kemitraan antara Bidan dengan Dukun Bayi merupakan langkah yang tepat untuk dilaksanakan karena dengan adanya kemitraan antara bidan desa dan dukun bayi di wilayah dapat menekan angka kematian saat sebelum,  proses maupun pasca persalinan.

"Dengan adanya pertemuan ini diharapkan pemahaman semua pihak sehingga ibu hamil selama masa kehamilan sampai dengan proses melahirkan dapat secara intens ditangani oleh bidan desa," ungkapnya. 

"Sedangkan untuk dukun bayi dapat memberikan jasanya merawat bayi pasca proses persalinan diantaranya memandikan dan pijit/masage ringan sebagai proses relaksasi bayi  sehingga terbentuk pembagian tugas dalam membantu ibu-ibu yang melahirkan," tambah dr. Musdalifah. 

Dalam kesempatan tersebut Babinsa Desa Bades Serka Sujimun menyampaikan untuk mengurangi atau meminalisir korban pada proses persalinan maka perlu penanganan yang tepat oleh tenaga medis, bukan oleh dukun bayi. Akan tetapi diharapkan para dukun bayi mampu mendorong/memotivasi ibu hamil yang ada di wilayah agar memeriksakan kehamilannya secara rutin dan terpadu ke Poskes setempat  secara periodik sesuai waktu yang telah dianjurkan oleh bidan desa maupun tenaga kesehatan.

Reporter : Hermanto
Editor : Fani Wulandari
ad
Berita Sebelumnya Personel Koramil Randuagung Bersama Warga Bersihkan Jalan.
Berita Selanjutnya Permintaan Warga Klakah Lumajang Untuk Nonton Film G30S-PKI Terus Bergulir

Komentar Anda