UniqMag
jamu

Aparat Gabungan Bersama TNI Lumajang Pasang Tanggul Darurat di Pantai TPI Tempursari

berita terkini
Saat personel gabungan lakukan pemasangan tanggul darurat bersama.
ad

LUMAJANG, (suarsjatimpost.com) - Sedikitnya berjumlah 141 Personel Gabungan diantaranya Kodim 0821, BPBD, Aparat Pemerintah, Ormas berikut masyarakat sekitar Pantai TPI Tempursari Lumajang lakukan pemasangan tanggul darurat kantong pasir disekitar Pantai TPI Tempursari, Senin (07/08).

Pemasangan tanggul darurat ini dilakukan guna mengantisipasi terjadinya luapan air laut saat sedang pasang yang selalu naik ke pantai.  

Menurut Bayu Rusmantoro, Camat Tempursari bahwa saat pasang air laut selalu naik ke pantai sehingga membuat bibir pantai menjadi lebih menjorok ke lokasi TPI. 

"Keadaan seperti ini jika dibiarkan maka areal TPI akan habis tergerus air laut akibatnya perekonomian masyarakat sekitar TPI juga terganggu karena tidak bisa melaksanakan aktivitas jual beli hasil tangkapan ikan seperti biasanya," jelasnya. 

"Untuk menanggulangi hal tersebut, bersama dengan aparat TNI, BPDB,  dan ormas serta masyarakat membuat tanggul darurat sebelum dilaksanakan pembahan akibat terjadinya luapan air laut ke areal TPI beberapa waktu lalu," imbuhnya. 

Hal serupa juga disampaikan oleh Rohman Adi, Kepala Desa Bukurejo bahwa saat air pasang air laut selalu mencapai areal TPI ini, apabila dibiarkan maka areal TPI akan rusak oleh terjangan air. 

"Pembuatan tanggul darurat ini diharapkan mampu mengurangi terjangan gelombang air laut sehingga tidak menyebabkan parahnya kerusakan di areal TPI ini," harap Rohman. 

Di lain pihak Danramil Tempursari Kapten Inf Abdul Muntholib mengatakan permasalahan luapan air laut saat pasang di sekitar TPI ini perlu segera diatasi karena membawa dampak besar terhadap perekonomian masyarakat. 

"Dengan rusaknya areal TPI maka masyarakat sekitar tidak dapat menjalankan aktivitas jual beli ikan seperti sedia kala karena tempat yang sudah tersedia tidak dapat ditempati lagi," tuturnya. 

"Dengan dibuatnya tanggul darurat ini semoga dapat mengurangi dampak luapan air laut saat terjadi pasang sehingga tidak mengakibatkan bertambah parahnya kerusakan areal TPI," harap Danramil.

Reporter : Hermanto
Editor : Fani Wulandari
ad
Berita Sebelumnya Dibutuhkan Wartawan Kabupaten dan Kota
Berita Selanjutnya Kehadiran Mensos RI di Sumenep Tak Disambut Bupati Busyro Karim

Komentar Anda