UniqMag
ad

Kodim Lumajang Adakan Penyuluhan Pola Hidup Sehat Pada  Anggota

berita terkini
Susana saat penyuluhan di aula Makodim 0821 Lumajang.
ad

LUMAJANG, (suarajatimpost.com) - Dalam upaya menerapkan pola hidup sehat, Kodim 0821 menggelar kegiatan penyuluhan kesehatan pada anggota, Rabu (9/8/2017).

Acara yang dilaksanakan di aula Makodim itu diikuti oleh Personel yang terdiri dari Prajurit dan PNS dengan menghadirkan tim penyuluh kesehatan dari Polkes 05.09.02 Lumajang.

Ka Polkes 05.09.02 Lumajang dr. Kukuh Wibisono selaku Ketua Tim penyuluh kesehatan dalam kesempatan tersebut menyampaikan, jika akhir-akhir ini banyak terjadi kasus kematian mendadak yang menimpa Prajurit TNI pada saat melaksanakan kegiatan fisik terutama pada saat melakukan kesegaran Jasmani (Garjas).

"Hal ini karena kurangnya pemahaman terhadap adanya suatu gejala penyakit yang diderita oleh setiap Prajurit," kata dr. Kukuh. 

Masih kata dia, dari beberapa penyakit serangan jantung merupakan penyebab kematian mendadak yang sering terjadi saat ini.

"Serangan jantung merupakan katagori penyakit akut yang pengertian secara singkatnya  adalah jenis penyakit yang diderita oleh seorang secara mendadak dan tiba-tiba, berbeda dengan penyakit yang katagorinya kronis dengan menyerang seseorang dalam jangka waktu yang sudah lama, sehingga jenis penyakit katagori kronis tidak menyebabkan kematian secara mendadak seperti, Diabetes, paru-paru, HIV dan lain sebagainya," jelasnya.

"Patut untuk dicermati dan waspadai kepada Prajurit dan PNS TNI yang sedang melakukan kegiatan fisik terutama pada saat berolah raga  dengan memperhatikan kondisi fisik dan gejala-gejala yang dialami seperti badan terasa lemas, keluar keringat dingin, jantung berdebar dengan kencang, rasa sakit tertekan pada dada sebelah kiri yang akhirnya akan menjalar kebahu bagaian kiri atau disebut dengan tulang belikat, karena gejala seperti itu merupakan sebagaian  ciri dari kelainan kerja jantung atau serangan jantung hal ini disebabkan karena elastisitas pembuluh darah yang berkurang, terjadinya penyempitan pembuluh darah dan terjadinya gangguan hantaran listrik pada syaraf otot jantung," tukasnya.

"Harus menjaga pola makan agar terhindar dari berbagai serangan penyakit lainnya seperti, diabetes, hipertensi, kolesterol yang menyebabkan menjadi over weigth," pungkasnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kapten Inf Hari Suhadiono Pasi Pers Kodim 0821 kepada seluruh personel yang hadir baik Prajurit maupun PNS, bahwa kesehatan merupakan modal awal untuk melakukan aktifitas sehari-hari, untuk itu diharapkan kepada seluruh personel baik Prajurit maupun PNS menerapkan pola makan dan olah raga secara teratur.

”Jangan terlalu dipaksakan kemampuan jika usia tidak muda lagi artinya kemampuan fisik sudah ada ukuran yang menjadi katagori kelompok umur, mayoritas personel kodim memiliki usia di atas 40 tahun sehingga butuh menjaga kondisi kesehatan dengan harapan disisa waktu berdinas yang mendekati masa pensiun dalam kondisi sehat dan bugar," katanya.

Reporter : Hermanto
Editor : Ismi Fausiah
ad
Berita Sebelumnya Koramil Sukodono Sukseskan KB Kes di Wilayahnya
Berita Selanjutnya Tiga Kali Mangkir, DPRD Jember Akan Tindak Tegas Pejabat Pemkab

Komentar Anda