UniqMag
ad

Koramil Candipuro Lumajang dan  UPT Pertanian Galakkan Sistem Mina Padi

berita terkini
Pelda Setyo dan petugas UPT pertanian saat dilokasi sawah warga.
ad

LUMAJANG, (suarajatimpost.com) - Guna meningkatkan produksi pertanian di wilayah Kecamatan Candipuro, Koramil 0821/09 Candipuro bersama UPT pertanian menggalakkan sistem tanam Mina Padi, Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Jarit Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang diikuti oleh kelompok tani desa setempat, Kamis (10/08/2017).

Sebagai percontohan sistem mina padi di Desa Jarit ini bertempat di lahan milik Santoso dengan luas lahan 0,2 hektar.  Menurut Pelda Setyo Bati Bakti TNI Koramil 0821/09 Candipuro, program mina padi ini dilaksanakan dengan tujuan untuk lebih meningkatkan kesejahteraan petani.

"Air di wilayah Kabupaten Lumajang khususnya di wilayah Kecamatan Candipuro sangat melimpah, sayang sekali kalau tidak dimanfaatkan.  Dari pemikiran itulah kami sebagai pendamping pertanian berupaya untuk mensosialisasikan kepada petani tentang sisten tanam mina padi ini," ungkapnya. 

"Bersama dengan UPT Pertanian, kami akan selalu berupaya meningkatkan kesejahteraan petani demi tercapainya swasembada pangan nasional khususnya di wilayah Kecamatan Candipuro," tegas Pelda Setyo.

Senada apa yang disampaikan Pelda Setyo, Imaningrum PPL Desa Jarit juga mengatakan,  bahwa air yang ada di Desa ini sangat melimpah sayang jika tidak dimanfaatkan.  Dijelaskan juga oleh Imaningrum, sistem tanam mina padi ini maksudnya adalah menanam pagi juga sekaligus memelihara ikan di areal persawahan. 

"Saat menanam padi selesai bibit ikan juga ikut di tebar di lahan sawah tersebut. Ikan yang paling cocok untuk sistem ini adalah ikan nila dan tombro karena pertumbuhan kedua jenis ikan tersebut lebih cepat bila dipelihara di habitat aslinya," tambahnya. 

"Dengan sistem ini diharapkan saat panen,  petani tidak hanya memanen padi tetapi juga sekaligus memanen ikan sehingga dapat menambah pendapatan petani.  Untuk itu bersama dengan TNI khususnya Koramil Candipuro pihaknya akan selalu mendampingi petani dalam pelaksanaan sistem tanam agar petani dapat meningkatkan penghasilan dan kesejahteraannya," pungkas Imaningrum

Reporter : Hermanto
Editor : Ismi Fausiah
ad
Berita Sebelumnya Hingga Hari ini, Kondisi Jalan di Jember Masih’ Amburadul’
Berita Selanjutnya Tiga Kali Mangkir, DPRD Jember Akan Tindak Tegas Pejabat Pemkab

Komentar Anda