UniqMag
jamu

Sukseskan Program KB Kes, Kodim Lumajang Siap Bersinergi Dengan BKKBN

berita terkini
Pasiter Kodim 0821 Lumajang (pakai seragan TNI) saat bersama dr. Farida.
ad

LUMAJANG, (suarajatimpost.com) - Kodim Lumajang bekerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kabupaten Lumajang satukan arah guna menangani soal kepadatan penduduk yang kini menjadi sorotan utama.

Hal itu disuarakan oleh dr. Farida, Kepala BKKBN Kabupaten Lumajang dan Pasi Ter Kodim 0821 Lumajang Kapten Arm Edi Purwanto dalam acara Bincang Dengan Dinas Pengendalian Penduduk KB dan Pemberdayaan Perempuan di Radio Gloria Paramitha Lumajang kemarin, Kamis (10/08).

"Untuk mensukseskan program KB kesehatan di wilayah BKKBN bekerja sama dengan jajaran TNI, karena jajaran TNI merupakan jajaran istimewa yang mempunyai pengaruh besar di masyarakat serta mencakup seluruh wilayah nasional baik dari pusat sampai desa," kata dr. Farida.

"MOU pemerintah dengan Panglima TNI sejak tahun 1983. Bagi Indonesia masalah kependudukan ini merupakan masalah serius yang harus ditangani karena Indonesia tercatat sebagai negara keempat yang penduduknya terbanyak di dunia," tambahnya.

"Di tahun 2017 ini target program KB Kes Kabupaten Lumajang sampai sebanyak 18.750 aseptor tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Lumajang dan sampai dengan bulan Agustus ini di beberapa wilayah sudah mencapai 90% dari yang ditargetkan," tandas dr. Farida. 

Senada dengan yang disampaikan Kepala BKKBN Kabupaten Lumajang,  Pasi Ter Kodim 0821 Kapten Arm Edi Purwanto juga menyampaikan dasar bagi TNI ikut berperan aktif dalam program ini selain MOU tersebut juga berdasarkan UU TNI nomor 34 tahun 2004 yang di dalamnya disebutkan bahwa selain melaksanakan Operasi Militer Perang (OMP) TNI juga melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang salah satu isinya yaitu  membantu pemerintah daerah. 

"Untuk mengapresiasikan UU TNI nomor 34 tersebut khususnya program KB Kesehatan ini sebanyak 212 babinsa Kodim 0821 Lumajang diperintahkan untuk mencari,  mendata,  mengantarkan, mengawasi dan melaporkan kepada komando atas tentang hasil pelaksanaan KB Kes di wilayah binaan masing-masing," tukas Pasiter.

"Untuk lebih memudahkan babinsa dalam menjalankan tugas tersebut, diwajibkan bagi babinsa bekerja sama dengan perangkat desa dan penyuluh KB di wilayah untuk aktif melaksanakan penyuluhan KB kepada masyarakat terutama tentang pernikahan dini dan kesiapan kehamilan sampai dengan usia matang," pungkas Kapten Edi.

Reporter : Hermanto
Editor : Ismi Fausiah
ad
Berita Sebelumnya Dibutuhkan Wartawan Kabupaten dan Kota
Berita Selanjutnya Kehadiran Mensos RI di Sumenep Tak Disambut Bupati Busyro Karim

Komentar Anda