UniqMag
ad

Wali Kota Pagar Alam Bersama Pokdarwis Bersihkan Sungai Suban

berita terkini
Wali Kota dan pokdarwis saat membersihkan sungai.
ad

PAGAR ALAM, (suarajatimpost.com) - Memperingati HUT RI ke 72 Wali Kota Pagar Alam Hj. Ida Fitriati Basyuni bersama para pemuda dan warga yang tergabung dalam kelompok sadar wisata (Pokdarwis) melakukan pembersihan Sungai Ayek Suban di Kampung Purwosari Kelurahan Beringin Jaya Pagar Alam Utara, Jum'at (11/8).

Ketua pelaksana Herry Akbar mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat supaya bisa menjaga kebersihan sungai yang ada di Kota Pagar Alam.

"Ini merupakan program jangka panjang dari para pemuda dan warga Kampung Purwosari, kami ingin memperlihatkan kepada warga masyarakat apa yang seharusnya dilakukan terhadap sungai dan Iingkungan yang ada disekitar kita," ungkapnya.

Herry menambahkan, kegiatan ini juga merupakan salah satu kegiatan untuk mengisi HUT RI yang ke 72.

"Selain membersihkan sungai ini, kami juga akan melakukan penanaman pohon dan lomba-lomba yang lainnya, tentu kami berharap dukungan dari pemerintah dan masyarakat Kota Pagar Alam supaya kegiatan ini bisa terus berlanjut dan bisa menjadi contoh bagi desa-desa yang lainnya," ungkap dia

Sementara Wali Kota Pagar Alam Hj Ida Fitriati Basyuni mengatakan, pemerintah sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan pemuda dan warga Kampung Purwosari tersebut.

"Kegiatan ini sangat inspriratif dan kreatif sekali, karena ini merupakan suatu kegiatan yang sangat positif, apalagi ini dilakukan untuk mengisi hari kemerdekaan, jadi kemasannya berbeda dari perayaan HUT RI sebelumnya," ujar Ida.

Kegiatan ini juga mendukung program pemerintah dalam penanganan kawasan permukiman kumuh di Kota Pagar Alam tambah Ida.

"Apabila sungai-sungai yang ada di Kota Pagaralam ini bersih, maka tentu saja banyak manfaat yang bisa didapatkan seperti kesehatan lingkungan, ikan-ikan tidak terkontaminasi serta pengairan untuk persawahan akan lebih lancar," ungkapnya.

Ida mengharapkan kegiatan ini akan menjadi contoh bagi masyarakat lain, sehingga bisa tercipta sungai yang bersih tanpa sampah.

"Pemerintah akan melibatkan dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perumahan dan Permukiman Kasawan Kumuh serta Dinas Pariwisata untuk menyediakan infrastruktur sehingga bisa membantu untuk mewujudkan desa percontohan dan desa wisata di Kota Pagar Alam," pungkasnya.

Reporter : Lian Ugansyah
Editor : Fani Wulandari
ad
Berita Sebelumnya Bina Sinergitas Bersama, Kodim 0821 Lumajang Gelar Fun Bike S 3
Berita Selanjutnya Tiga Kali Mangkir, DPRD Jember Akan Tindak Tegas Pejabat Pemkab

Komentar Anda