UniqMag
jamu

Disanggong, Orang Banyuwangi ini Ketangkap Curi Buah Naga

berita terkini
Pelaku saat menunjukan hasil curiannya.
ad

BANYUWANGI, (suarajatimpost.com) - Berawal dari laporan masyarakat, Turiman (31) warga Dusun Krajan, Desa Sembulung, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, berhasil dijebloskan ke sel tahanan Mapolsek Cluring karena mencuri buah naga.

Aksi pencurian ini berhasil terkuak berkat kecurigaan Siyono (65) pemilik kebun buah naga warga setempat yang hendak menjaga buah naganya bersama Goji (25) tetangganya, melihat 7 buah tas plastik (kresek) warna merah berada di area kebun buah naganya.

Namun pemilik buah naga ini tidak menemui tanda - tanda adanya orang di dalam kebunnya. Setelah lama, akhirnya Goji dan Siyono memutuskan untuk mengintai dugaan adanya seorang pencuri di area kebunnya, di tempat tersembunyi.

Benar saja, kecurigaan Siyono yang sering kehilangan buah naganya ini membuahkan hasil. Tak berselang lama pelaku datang mengambil 7 buah tas plastik tersebut yang sudah berisikan buah naga. Sontak Siyono dan Goji menyalakan lampu senter menyorotkan ke wajah pelaku dan meneriaki pelaku maling.

Dari sorotan lampu dan teriakan itu si pencuri buah naga ini langsung kabur melarikan diri. Beruntung Siyono dan Goji hafal dengan ciri - ciri pelaku namun belum mengetahui identitas pelaku dan langsung melaporkan peristiwa yang terjadi Selasa (15/8) sekitar Pukul 02. 00 WIB dini hari, ke Mapolsek Cluring.

Berkat infomasi ciri ciri pelaku dari korban, Unit Reskrim Polsek Cluring melakukan lidik. Hasil lidik tersebut mengarah kepada pelaku dan langsung melakukan penangkapan. 

Selanjutnya pelaku di bawa ke TKP untuk menunjukan barang bukti kasi pencurian buah naga di kebun milik Siyono.

"Pelaku masuk kebon buah naga merusak pagar hidup pohon randu, dengan cara di potong. Setelah masuk langsung memetik buah naga dengan gunting. Buah naga hasil curian itu kemudian dimasukkan ke tas kresek warna merah yang sudah di bawanya," jelas Kapolsek Cluring Iptu Bedjo Madreas (16/8) kemarin.

Akibat aksi pencurian itu menurut kapolsek, korban menelan kerugian sekitar Rp. 4.471.000 atau 263 kilogram buah naga yang berhasil dicuri pelaku di kebun milik korban.

"Pelaku melakukan aksinya dengan 1 gunting buah naga dan 13 tas kresek yang berisikan buah naga hasil curian. Bukti hasil tindakannya itu sudah kami sita sebagai barang bukti. Pelaku kami jerat Pasal 363 Ayat 1 ke 5e KUHP," pungkas kapolsek.

Reporter : Yudi Irawan
Editor : Fani Wulandari
ad
Berita Sebelumnya Dibutuhkan Wartawan Kabupaten dan Kota
Berita Selanjutnya Bandar Narkoba di Mojokerto Tewas Dengan Timah Panas

Komentar Anda