UniqMag
jamu

Lomba Burung Berkicau 'Tretan Dhibik Cup' Wadah Kerukunan Pecinta Burung Antar Kabupaten

berita terkini
Juri saat melakukan penilaian
ad

LUMAJANG, (suarajatimpost.com) - Para pecinta dan penggemar burung berkicau dari dalam dan luar Kabupaten Lumajang pijakkan kaki jadi peserta diperlombaan burung berkicau bertajuk Tretan Dhibik Cup di Jalan Olah Raga Desa Mlawang Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Kamis (21/9).

Zainal, koordinator kegiatan mengatakan tujuan diadakannnya perlombaan ini yakni selain untuk pelestarian habitat utamanya burung berkicau, juga untuk menjaga kebersamaan, kerukunan dikalangan para pecinta dan penggemar burung baik didalam maupun diluar wilayah Kabupaten Lumajang Jawa Timur.

"Ini yang ke III, yang pertama diadakan di Randuagung, kedua di Pasirian dan yang ke tiga saat ini diadakan di Klakah, nanti kedepan akan terus kita galakkan di event-event yang lebih besar lagi,'' katanya.

"Juga ini wujud pelestarian, kategori yang diperlombakan saat ini diantaranya Merah Putih, Lumajang A dan Kategori Favorit serta Kategori Tretan Dhibik, dengan jenis burung berkicau Love Bird, Kacer, Kenari, Muray, Cucak Ijo, Pleci, Cendet. Nanti disesuaikan dengan kategori yang ditentukan," imbuhnya.

Antusias pesertapun tinggi, terbukti dari wilayah Kabupaten tetanggapun merapatkan diri berbaur menjadi peserta.

"Dari Pasuruan, Probolinggo, Bojonegoro, Jember, Banyuwangi dan Lumajang sendiripun hadir. Jumlahnya mencapai hingga ratusan, memperebutkan hadiah total 30 juta,"  imbuh Zainal.

Ia berharap dengan adanya wadah yang sudah berjalan ini, Lumajang akan menjadi lestari dan rukun serta Guyub.

Reporter : Hermanto
Editor : Ismi Fausiah
ad
Berita Sebelumnya Dibutuhkan Wartawan Kabupaten dan Kota
Berita Selanjutnya Bandar Narkoba di Mojokerto Tewas Dengan Timah Panas

Komentar Anda