UniqMag
jamu

Selain Tidur di Kandang Sapi, Warga Situbondo Ini Lumpuh 8 Tahun

berita terkini
Muhammad (65) warga Dukuh Coramalang, Dusun Selatan
ad

SITUBONDO, (suarajatimpost.com) - Sore itu, Kamis (5/10/2017), Muhammad (65) warga Dukuh Coramalang, Dusun Selatan, Desa Bantal, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo sedang sibuk membersihkan kotoran di kandang sapi miliknya. Di balik tubuhnya yang ringkih dengan kondisi kaki yang lumpuh, tangannya tampak cekatan.

"Kotoran sapi ini harus saya bersihkan tiap hari agar tak menumpuk. Hanya ini yang bisa saya kerjakan karena kaki saya lumpuh," ujar Muhammad.

Kakek satu cucu dan satu cicit itu meski tinggal bersama istrinya, namun lebih memilih tinggal di kandang sapi dalam 8 tahun terakhir. Sementara Sumina (62) sang istri, tinggal di dalam gubuk bambu berlantai tanah dengan menumpang tanah desa.

Setiap hari Sumina kerap menyabit rumput untuk memenuhi kebutuhan pakan sapi titipan orang. Beberapa rumput yang lain juga ia jual sekedar memenuhi makan sehari-hari.

"Kadang saya jual palawija yang saya tanam di rabesen (ladang di hutan, red). Pokoknya apa adanya buat makan. Anak saya kadang juga bantu-bantu," jelas Sumina.

Menariknya, di tengah kondisi yang lumpuh, Muhammad masih menerima orderan alat bajak sawah.

"Memang suami saya dulunya juga tukang kayu," pungkas Sumina.

Reporter : Irwan Rakhday
Editor : Ismi Fausiah
ad
Berita Sebelumnya Dibutuhkan Wartawan Kabupaten dan Kota
Berita Selanjutnya Bandar Narkoba di Mojokerto Tewas Dengan Timah Panas

Komentar Anda