UniqMag
ad

Festival Gandrung Sewu di Banyuwangi Meriah

berita terkini
Saat pertunjukan Gandrung Sewu 2017 berlangsung
ad

BANYUWANGI, (suarajatimpost.com) - Seribu lebih penari gandrung memenuhi pesisir Pantai Boom Banyuwangi, Minggu (8/10/2017). Festival tahunan yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi ke 6 kalinya ini bertemakan ‘Kembang Pepe’.

Tema ini diambil karena tari gandrung tercipta saat peperangan masyarakat Bumi Blambangan melawan penjajah Belanda, pecah kala itu. Dengan tema ini pertunjukan kolosal perlawanan masyarakat Blambangan melawan Belanda diperhelatkan diiringi gamelan khas gandrung dan 1.286 penari gandrung.

“Gandung Sewu Tahun 2017 bertemakan Kembang Pepe. Karena tari gandrung ada saat peperangan tersebut. Dan cerita perlawanan itu tersirat dalam tema itu,” terang M. Yanuarto Barmuda Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banyuwangi, ke sejumlah media.

Dalam sambutannya, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, jika gandrung sewu merupakan salah satu Banyuwangi iven yang disukai masyarakat dan para budayawan. Nyatanya, setiap festival ini digelar antusias masyarakat berjubel dilokasi perhelatan.

“Ini menunjukan kecintaan masyarakat terhadap budayanya. Karena Gandrung merupakan icon Kabupaten Banyuwangi,” paparnya.

Pertunjukan gandrung sewu semakin semarak, ketika seribu lebih penari gandrung itu menghentakan sampurnya menari di pesisir pantai Boom Banyuwangi, dekat selat Bali secara bersama – sama. Tarian ini mampu menghipnotis para tamu undangan yang hadir memenuhi undangan dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Reporter : Yudi Irawan
Editor : Fani Wulandari
ad
Berita Sebelumnya Dibutuhkan Wartawan Kabupaten dan Kota
Berita Selanjutnya Puting Beliung 'Ngamuk', Puluhan Rumah Warga Sumenep Hancur

Komentar Anda