UniqMag
ad

Babinsa Koramil 0828/08 Sokobanah Bantu Warga Untuk Hidup Sehat dengan Jambanisasi

berita terkini
Anggota Koramil 0828/08 Sokobanah melaksanakan kegiatan karya bakti pembuatan jambanisasi
ad

SAMPANG, (suarajatimpost.com) – Anggota Koramil 0828/08 Sokobanah melaksanakan kegiatan karya bakti pembuatan jambanisasi bagi masyarakat kurang mampu dan yang belum memiliki jamban, kali ini Babinsa Koramil 0828/08 Sokobanah menunjuk sasaran pembuatan jambanisasi di rumah Bapak Nur Patmo yang terletak di Dusun Arongan, Desa Sokobanah Laok, Kamis (12/10/2017).

Pembuatan jamban gratis bagi masyarakat miskin dan kurang mampu ini sebagai wujud kepedulian satuan Kodim 0828/Sampang khususnya Koramil 08/Sokobanha terhadap kondisi masyarakat desa yang masih belum memiliki jamban, jika hal ini dibiarkan berlarut maka akan berpengaruh terhadap kesehatan lingkungan dan makhluk hidup lainnya.

Danramil 0828/08 Sokobanah Kapten Inf Supriyadi menyampaikan bahwa buang hajat di sungai untuk saat ini sudah tidak jamannya lagi. Disamping dilihat tidak baik, buang hajat disungai berdampak penyakit yang paling sering terjadi akibat buang air besar sembarangan ke sungai adalah Escherichia coli.

"Itu merupakan penyakit yang membuat orang terkena diare. Setelah itu bisa menjadi dehidrasi, lalu karena kondisi tubuh turun maka masuklah penyakit-penyakit lain," bebernya.

Menurutnya, pembuatan jamban diwilayah Kecamatan Sokobanah dilaksanakan secara tersebar di setiap desa, sebelum pembuatan para Babinsa melakukan cek dan pendataan di lapangan sehingga akan tepat sasaran. 

"Hal ini disamping sebagai aplikasi kegiatan program komando atas, jambanisasi ini sekaligus upaya agar masyarakat bisa hidup sehat," imbuhnya.

Dijelaskannya, kegiatan ini disamping dapat meringankan beban rakyat, juga jalinan komunikasi sosial akan juga tercapai guna memperkokoh kemanunggalan TNI–Rakyat.

"Melalui kegiatan jambanisasi ini mari kita wujudkan masyarakat sehat dan sejahtera," pungkasnya.

Reporter : Juma'adi
Editor : Abdus Salam
ad
Berita Sebelumnya Warga Sidoarjo Temukan Bayi Perempuan Dalam Kondisi Dikerumi Semut
Berita Selanjutnya Meski Tak Didukung Pemerintah, Tamasya Bus Jadul di Jember Banjir Peminat

Komentar Anda