UniqMag
ad

Wabup Pamekasan Pimpin Upacara Hari Jadi Jawa Timur Yang Ke 72

berita terkini
Wakil Bupati Pamekasan, Khalil Asy'ari saat membacakan sambutan Gubernur Jatim
ad

PAMEKASAN, (suarajatimpost.com) - Wakil Bupati Pamekasan Pimpin Acara Pembukaan Peringatan Hari jadi Provinsi Jawa Timur yang ke 72 Kamis (12/10).

Gubernur Jawa Timur Soekarwo dalam sambutan teks tertulisnya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Pamekasan Khalil Asya'ri menyampaikan, peringatan hari jadi Provinsi Jawa Timur yang ke 72 ini merupakan momentum untuk menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan kebangsaan daerah, serta merupakan semangat untuk  mendorong pembangunan daerah dalam memperkuat rasa kecintaan Masyarakat Daerah Jawa Timur dalam krangka Negara kesatuan Republik Indonesia.

"Hikmah terpenting memperingati hari jadi Provinsi Jawa Timur ini adalah, sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kita atas perjalanan Jawa Timur yang penuh dinamika hingga mencapai kemajuan untuk kesejahteraan Rakyat Jawa Timur yang lebih baik," jelasnya.

Menurutnya, peringatan hari jadi Provinsi Jawa timur sendiri tak lepas dari sejarah terbentuknya Pemerintahan Provinsi Jawa Timur yang ditandai dengan dimulainya penyelenggaraan Provinsi pada tanggal 12 Oktober 1945 dengan Gubernur pertama Raden Mas Tumenggung RMT Suryo.

"Momentum tanggal 12 Oktober 1994 inilah yang disepakati sebagai hari jadi Provinsi Jawa Timur yang kemudian dituangkan dalam peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur no 6 Th 2007 tentang hari jadi Provinsi Jawatimur," ucapnya.

Perjalanan sejarah Provinsi Jawatimur dengan semangat gotong royong toleran, santun, agamis adalah ciri khas sekaligus modal dasar pembangunan yang sangat fundamintal.

"Semangat juang yang tak kenal menyerah inilah yang terus dilakukan oleh para Pemimpin-Pemimpin Jawa Timur sejak Raden Mas Tumenggung Suryo hingga sekarang," imbuhnya.

Khalil Asyari juga berharap bahwa semua pihak harus mengingat Sejarah dari pada terbentuknya Provinsi Jawa Timur mulai dari kepemimpinan pertama hingga sekarang karena dari kepemimpinan pertama sampai sekarang mempunya icon masing-masing yang mereka bawa dan itu sangat bermanfaat bagi Masyarakat Jawa Timur ketika itu dipadukan secara keseluruhan.

"Saya berharap Masyarakat Jawa Timur mengingat Sejarah dari pada terbentuknya Provinsi Jawa Timur mulai dari kepemimpinan pertama hingga sekarang karena mereka mempunyai icon masing-masing yang mereka bawa dan itu sangat bermanfaat bagi Masyarakat Jawa Timur, Khusunya Masyarakat Madura," tutupnya.(Subaidi)

Reporter : Nur Halili
Editor : Ismi Fausiah
ad
Berita Sebelumnya Pengguna Bandara Trujoyo Didominasi Masyarakat Umum, Wisatawan Tidak Berminat?
Berita Selanjutnya Komunikasi Sosial Babinsa Koramil 0828/08 Sokobanah Agar Silaturahmi Terjaga

Komentar Anda