UniqMag
ad

Mantan dan Plt. Kadispenduk Jember akan Dipanggil Polres Terkait Adminduk

berita terkini
Sudarsono, LSM Indoesia Birocation Watch (IBW) Jember saat melaporkan ke Polres Jember
ad

JEMBER,(suarajatimpost.com) -  Polres Jember, secara marathon akan memanggil mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) Jember, Arief Tjahyono dan Plt. Kadispenduk Capil, Sri Wahyuniati sebagai saksi, terkait dugaan pelanggaran pidana tertentu dalam persoalan carut marut administrasi kependudukan di Kabupaten Jember.

Kasat Reskrim Polres Jember, AKP Denny Wahyudi mengatakan, pemanggilan ini sebagai tindaklanjut dari laporan LSM Indonesia Birocation Watch (IBW) terkait dugaan adanya pelanggaran pidana dalam persoalan adminduk.

“Sesuai dengan jadwal, pada tanggal 12 Oktober dan 13 Oktober penyidik akan memanggil Mantan Kadispenduk Capil dan Plt. Kadispenduk Capil, sebagai saksi,” jelasnya, (11/10) siang.

Kendati demikian, lanjut Denny, untuk pengembangan kasus tersebut tergantung dari hasil pemeriksaan yang akan dilaksanakan besok. Dia berjanji semua laporan yang masuk kepada Polres Jember akan diditindaklanjuti secara professional dan prosedural.

Seperti diketahui sebelumnya, LSM Indoesia Birocation Watch (IBW) Jember melaporkan dugaan pelanggaran pidana atas carut marutnya adminduk ke Polres Jember.

Menurut Koordinator IBW Jember, Sudarsono, penunjukkan Sriwahyuni sebagai Plt Kadispenduk dinilai cacat hukum karena tanpa persetujuan Mendagri, sehingga seluruh produk dokumen kependudukan yang ditandatangani Sriwahyuni tidak syah.

Dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013, sudah ditegaskan bahwa terdapat sanksi pidana bagi pihak-pihak yang menerbitkan dokumen kependudukan di luar kewenangannya dengan anacaman kurungan penjara 10 tahun atau denda sebesar Rp 1 Milyar.

Reporter : Dedi Budiantoro
Editor : Ismi Fausiah
ad
Berita Sebelumnya Lokasi Bekas Galian C di Desa Sobontoro Magetan Tidak Direklamsi
Berita Selanjutnya Petunjuk Gubernur untuk Persoalan Jember, Belum Juga Turun

Komentar Anda