UniqMag
jamu

DPRD Jember Didesak Bentuk Pansus Terkait Persoalan Adminduk

berita terkini
Sudarsono, LSM Indonesia Birocation Watch (IBW) Jember
ad

JEMBER, (suarajatimpost.com) - LSM Indonesia Birocation Watch (IBW) mendesak DPRD Kabupaten Jember, untuk segera membentuk panitian khusus (Pansus) untuk menelusuri dugaan adanya unsur pidana, dalam carut marutnya administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) Jember.

Desakan ini disampaikan Ketua LSM IBW Jember, Sudarsono saat hearing bersama Komisi A DPRD Jember rabu siang.

Sudarsono menilai, mutasi mantan Kadispenduk Capil, Arief Cahyono dan penunjukkan Sri Wahyuniati sebagai Plt. Kadispenduk Capil cacat hukum.

“Pasalnya, mutasi ini dilakukan sebelum adanya persetujuan dari menteri dalam negeri, sehingga seluruh produk yang ditandatangani oleh Plt. Kadispenduk Capil tidak syah,” tegasnya, Kamis (12/10) siang.

Selain itu, pihaknya sudah melaporkan persoalan ini ke ranah hukum dan sudah ditindaklanjuti oleh Polres Jember karena sesuai dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013, terdapat sanksi pidana bagi pihak-pihak yang menerbitkan dokumen kependudukan di luar kewenangannya.

“Ancamannya pun tidak main-main, yakni ancaman kurungan penjara 10 tahun atau denda sebesar Rp 1 Milyar. Karena persoalan ini juga menyangkut pelayanan publik, Sudarsono mendesak DPRD Jember segera membentuk pansus untuk menelusuri dugaan pelanggaran tersebut,” papar Darsono.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi A DPRD Jember, Agus Widiyanto menegaskan, DPRD mengaku sudah mengambil tindakan tegas atas persoalan ini.

“Sesuai dengan catatan Badan Anggaran, Komisi A tidak membahas anggaran yang diusulkan Dispenduk Capil pada Perubahan APBD 2017,” tegasnya.

Terkait pembentukan Pansus, lanjut Agus, menjadi kewenangan Pimpinan Dewan. Sehingga persoalan ini akan disampaikan kepada pimpinan saat rapat finalisasi laporan pembahasan di tingkat komisi. 

Reporter : Imam Khairon
Editor : Fani Wulandari
ad
Berita Sebelumnya Mantan dan Plt. Kadispenduk Jember akan Dipanggil Polres Terkait Adminduk
Berita Selanjutnya Bandar Narkoba di Mojokerto Tewas Dengan Timah Panas

Komentar Anda