UniqMag
ad

Polres Probolinggo Buru Penyembah Matahari

berita terkini
Kapolres Probolinggo, AKBP Fadly Samad, SIK
ad

PROBOLINGGO, (suarajatimpost.com) - Kasus yang sempat viral di media sosial terkait sebuah postingan yang dilakukan Misnadi salah seorang warga Probolinggo yang mempertuhankan matahari terus menuai sorotan.

Saat ini pihak Kepolisian masih mengejar  Misnadi yang telah ditetapkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO) Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Probolinggo.

"Misnadi ini DPO Polres Probolinggo dengan laporan 2 perkara, yang pertama pencurian dengan kekerasan dan kedua atas kasus pengeroyokan. 3 bulan yang lalu anaknya juga melaporkan atas pemaksaan mengikuti ajaran Misnadi," papar Kepala Polres Probolinggo AKBP Fadly Samad usai giat di Markas Polda Jatim, Jumat (13/10).

Ia mengatakan jika jajarannya terus melakukan pengejaran dan berjanji dalam waktu dekat akan meringkus Misnadi.

"Selama pelarian yang bersangkutan terus Kita monitor dan dirinya kerap mengupdate status seputar kegiatannya menyembah matahari, mudah - mudahan Kita dalam waktu dekat akan segera menemukan keberadaan Pelaku," ucap mantan Kapolres Tuban ini.

Polres Probolinggo juga berkoordinasi dengan pihak operator seluler serta meminta bantuan Polda Jatim dalam melakukan perburuan.

Fadly mengungkapkan alasan Misnadi mengunggah postingan kontroversi dengan mengajak masyarakat menyembah matahari yang dianggapnya sebagai Tuhan karena gagal jadi Kepala desa.

"Masyarakat mengetahui jika yang bersangkutan agak memiliki kelainan jiwa setelah dirinya mencalonkan sebagai kepala desa di tempatnya namun gagal," jelasnya.

Semenjak gagal, keluarga sering menyaksikan Misnadi melakukan hal yang aneh. Sejak itulah keluarga beranggapan Misnadi gila.

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia cabang Probolinggo telah melakukan penyelidikan. Dan dipastikan ajaran yang disampaikan Misnadi melalui media sosial beberapa pekan lalu adalah sesat dan tidak berafiliasi dengan agama manapun.

"Jadi Kita telah berkoordinasi dengan pihak MUI, menurut pribadinya dia, Allah itu adalah matahari karena menurutnya Nabi Ibrahim pada zaman dulu juga menyembah matahari. Jadi dia anggap ini adalah ajaran Nabi Ibrahim," pungkasnya.

Reporter : Mokhamad Dofir
Editor : Ismi Fausiah
ad
Berita Sebelumnya Pencuri Besi Rel di Muara Enim 'Didor' Polisi
Berita Selanjutnya Puting Beliung 'Ngamuk', Puluhan Rumah Warga Sumenep Hancur

Komentar Anda