UniqMag
ad

Kapolres Jember Komitmen Perangi Penyebar Informasi Hoax di Dunia Maya

berita terkini
Kapolres Jember, AKBP Kusworo Wibowo saat memberikan paparan di hadapan wartawan dan DPRD Jember
ad

JEMBER,(suarajatimpost.com) - Kejahatan di dunia maya saat ini, sudah sangat mengkhawatirkan. Tentu saja untuk memerangi penyebar informasi hoax tidak bisa hanya bertumpu kepada aparat kepolisian saja, tetapi butuh peran serta seluruh pihak terutama dari pemerintah daerah.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kepala Polisi Resor (Kapolres) Jember Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Kusworo Wibowo, saat ditemui wartawan Kamis (12/10) kemarin.

“Kami minta Diskominfo ini diberdayakan, berkaitan dengan penelusuran sumber yang memberikan (menyebarkan) ujaran kebencian atau berita bohong, dengan begitu kita bisa mengakses IP Adres dan bisa melacak sekalipun itu akun palsu,” ujar Kusworo.

Dihadapan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Asosiasi Jurnalis Independen (AJI), dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Jember, Kusworo mengatakan, akan menindak tegas bagi penyebar berita hoax dan ujaran kebencian di wilayahnya.

“Sementara itu, berdasarkan info sementara yang saya dengar. Diskominfo Jember ini, belum ada perangkat untuk hal itu. Sehingga mungkin bisa didiskusikan dengan teman-teman dewan untuk bisa membantu, agar memiliki perangkat alat untuk melacak, dan membantu penyelidikan yang dilakukan oleh kepolisian,” ujarnya.

Sementara itu Bukri, aanggota Komisi B DPRD Jember  menyebut,  penyebaran hoax itu adalah satu tindakan berbahaya dari mencuri,karena bisa terjadi peperangan antar saudara.

“Adu domba yang saat ini semakin mengkhawatirkan. Kemudian untuk kerjasama pengembangan teknologi informasi itu, Insya Allah informasinya dengan ITS. Sehingga setelah didok, segera untuk dieksekusi. Namun saya ingatkan jangan sampai bermasalah secara hukum,” ucapnya, Sabtu (13/10) siang.

Dirinya bekomitmen akan menekan pihak Pemkab Jember, untuk segera merealisasikan pengadaan alat canggih pendeteksi akun media sosial yang dengan sengaja menyebar berita hoax.

Reporter : Imam Khairon
Editor : Ismi Fausiah
ad
Berita Sebelumnya Serapan Anggaran Diskominfo Jember Masih Nol Persen
Berita Selanjutnya Puting Beliung 'Ngamuk', Puluhan Rumah Warga Sumenep Hancur

Komentar Anda