Selasa, 24 Mei 2022
Ramadan

Safari Ramadan Subuh, Ning Ita Ajak Warga Bangga Gunakan Produk Lokal Mojokerto

profile
Andy

11 April 2022 11:28

310 dilihat
Safari Ramadan Subuh, Ning Ita Ajak Warga Bangga Gunakan Produk Lokal Mojokerto
Ning Ita bagi paket perangkat salat nagi jamaah Shubuh di Masjid Al Mubarok. (suarajatimpost.com)

KOTA MOJOKERTO - Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari tidak pernah bosan mengajak warganya untuk bangga terhadap produk lokal, terutama produksi Kota Mojokerto. 

Pesan tersebut disampaikan dalam kesempatan safari Ramadhan Shubuh di Masjid Al Mubarok, Minggu (10/4/2022).

"Kita warga Mojokerto harus bangga dengan produk kita sendiri. Ini cara kita untuk mengangkat produk lokal", ujar sosok yang akrab disapa Ning Ita dihadapan para jamaah Masjid di lingkungan Kemasan Gang V, Kelurahan Blooto, Prajuritkulon itu.

Ia bisa menjamin bahwa produk yang dihasilkan oleh Kota Mojokerto juga berkualitas. 

"Terbukti, misalnya pada produk sepatu dan alas kaki Mojokerto yang telah diekspor ke sejumlah negara sejak tahun 1995," imbuh Ning Ita.

Sehingga menurutnya, tidak perlu selalu membeli produk buatan pabrik besar atau bahkan luar negeri.

Ning Ita saat Safari Ramadhan Sholat Subuh di Masjid Al Mubarok Blooto

"Mengingat pertumbuhan ekonomi Kota Mojokerto sangat bergantung pada sektor industri perdagangan dan jasa, terutama yang digerakkan oleh UMKM," kata dia.

Lebih lanjut, Ning Ita menganggap penting untuk masyarakat senantiasa mengupayakan keberlanjutan UMKM di Kota Mojokerto.

Sementara itu, dari pihak Pemkot Mojokerto sendiri, Ning Ita mengakui, upaya dilakukan dengan adanya sejumlah kebijakan yang menguntungkan pelaku UMKM.

"Contohnya, pada program bantuan peralatan sekolah gratis bagi seluruh siswa baru di sekolah negeri Kota Mojokerto. Sepatu yang diberikan kepada mereka dibeli dari pengrajin sepatu di Kota Mojokerto," papar dia.

Selain itu, masih kata Ning Ita, sejumlah lokasi strategis juga disiapkan untuk mendukung pemasaran berbagai produk yang dihasilkan UMKM.

"Seperti gerai PP UMKM di Sunrise Mall, Kafe Dekranasda MPP mall, dan sentra oleh-oleh Rest area Gunung Bertangan," tambahnya.

Pihak Pemkot Mojokerto, lanjut Ning Ita, juga akan tambahkan satu lokasi baru, untuk pusat perkulakan sepatu, yang insyaallah akan di launching setelah Idul Fitri.

Pihaknya kembali menekankan, beragam upaya tidak dari pemerintah juga tentu harus diimbangi dengan dukungan masyarakat.

"Harapan kami, selain beralih kepada produk lokal, warga Kota Mojokerto juga memanfaatkan beragam peluang yang diberikan pemkot untuk meningkatkan skill dan berwirausaha, salah satunya melalui kegiatan inkubasi wirausaha," Pungkas dia. (Andy)

Editor: Doi Nuri

Tags
Anda Sedang Membaca:

Safari Ramadan Subuh, Ning Ita Ajak Warga Bangga Gunakan Produk Lokal Mojokerto

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT