Senin, 27 Juni 2022
Ramadan

Tak Hanya Mengajak, Walkot Mojokerto Beri Teladan Serahkan Zakat Lewat Aplikasi

profile
Andy

29 April 2022 11:39

348 dilihat
Tak Hanya Mengajak, Walkot Mojokerto Beri Teladan Serahkan Zakat Lewat Aplikasi
Walkot Mojokerto Ning Ita bersama Sekda Gaguk Tri Prasetyo menyerahkan zakat mal melalui aplikasi.

KOTA MOJOKERTO - Memasuki bulan suci Ramadan, selain berpuasa, umat Islam juga diwajibkan untuk membayar zakat, terutama zakat fitrah.

Masing-masing individu wajib menunaikan jenis zakat tersebut. Selain itu, juga terdapat zakat mal (harta) yang wajib bagi sebagian golongan muslim.

Membayar zakat merupakan salah satu cara umat Islam untuk bisa saling berbagi kebahagiaan kepada sesamanya. Terlebih di saat menjelang Idul Fitri seperti saat ini, sejumlah orang yang belum bisa memenuhi kebutuhan akibat faktor ekonomi.

“Mungkin banyak saudara-saudara kita yang tidak bisa memenuhi kebutuhan seperti yang bisa kita lakukan. Maka sudah seharusnya, kita yang berlebih ini untuk bisa berbagi kepada mereka yang kekurangan,” ungkap Wali Kota Ika Puspitasari dalam Upacara Pembagian Zakat Fitrah KORPRI Kota Mojokerto serta pentasarufan zakat fitrah dan peringatan hari zakat nasional, di pendopo Sabha Kridatama, Rumah Rakyat Kota Mojokerto, Kamis (28/4/2022).

Sehingga dalam forum tersebut, pihaknya sangat mengapresiasi para ASN yang telah membayarkan zakat fitrahnya melalui KORPRI. Zakat fitrah yang kemudian dikumpulkan kepada BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Mojokerto untuk disalurkan kepada kalangan yang berhak menerima zakat. Sejumlah terget penyaluran zakat BAZNAS Kota Mojokerto tahun ini di antaranya fakir miskin, pegawai non-ASN, anak yatim, lansia, kader motivator, TAGANA, dan sebagainya.

“Membayar zakat ini juga salah satu upaya untuk menurunkan angka kemiskinan masyarakat. Karena zakat yang kita bayarkan, utamanya zakat mal akan dibagikan kembali kepada masyarakat. Saya optimis, apabila kita sama-sama memiliki kesadaran dan saling bersinergi, maka angka kemiskinan bisa diturunkan.” Ujar Wali Kota.

Tidak bisa dipungkiri, sejumlah program untuk membantu warga Kota Mojokerto memang terlaksana berkat dana yang dihimpun oleh BAZNAS. Misalnya terdapat beasiswa pendidikan bagi pelajar dan mahasiswa, bantuan permodalan usaha, dan bantuan bagi dhuafa, anak yatim, dan lansia yang rutin disalurkan.

Kemudian, pesan ajakan membayar zakat juga ditunjukkan oleh Wali Kota dengan menunaikan zakat mal-nya secara langsung pada forum tersebut. Didampingi sekretaris daerah dan sejumlah kepala OPD, sosok yang akrab disapa Ning Ita ini menuju meja BAZNAS untuk menyerahkan sebagaian hartanya kepada BAZNAS kota Mojokerto.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Tak Hanya Mengajak, Walkot Mojokerto Beri Teladan Serahkan Zakat Lewat Aplikasi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT