Minggu, 28 Mei 2023
Ramadan

Pecah! Pasar Takjil Jalan Surabaya Diserbu Pemburu Kuliner

profile
Donny

26 Maret 2023 15:45

1.9k dilihat
Pecah! Pasar Takjil Jalan Surabaya Diserbu Pemburu Kuliner
Sambut ramadhan 1444 H, pasar takjil Jalan Surabaya ramai pengunjung hingga jalan raya. Minggu, (26/3/2023) (Donny Maulana / SJP)

Kota Malang, SJP - Bulan Ramadan selalu memunculkan fenomena maupun aktivitas yang tidak biasa.

Salah satu fenomena yang tidak pernah terlupakan pada saat bulan ramadhan tiba adalah menjamurnya pasar takjil di berbagai daerah.

Di Kota Malang, salah satu pasar takjil yang setiap tahun ramai adalah pasar takjil di Jalan Surabaya, Depan Kampus Universitas Negeri Malang.

Tahun 2023 kembali menjadi titik balik dari ramainya pasar takjil, maklum selama 2 tahun terakhir aktivitas semacam ini harus dibatasi karena pandemi.

Bahkan, karena sudah tidak adanya kebijakan pembatasan kegiatan masyaraat tersebut, pasar takjil di Jalan Surabaya sekarang penuh sesak pengunjung.

Pasar takjil lebih dari 200 penjual tersebut terbilang sangat ramai serta sesak para pengunjung.

Bahkan karena keramaiannya, sampai mengganggu arus lalu lintas kendaraan bermotor yang melewati ruas Jalan Surabaya.

Berbagai menu mulai dari minuman, makanan ringan hingga makanan berat tersedia dan siap untuk menemani waktu berbuka para pengunjung.

Suasana semakin ramai karena memang lokasi pasar takjil tepat di depan kampus utama Universitas Negeri Malang.

Apalagi suasana awal ramadhan yang bertepatan dengan belum liburnya kegiatan kemahasiswaan semakin menambah ramainya pasar takjil ini oleh para Mahasiswa UM.

Pengunjung bisa menikmati berbagai jajanan yang dijual sembari menikmati suasana senja bersama orang tersayang di lapangan dalam Universitas Negeri Malang yang sejuk nan luas.

Memang dengan adanya pasar takjil semacam ini turut menjalankan roda perekonomian masyarakat kecil.

"Saya rasa pasar takjil ini bisa meningkatkan pendapatan untuk UMKM makanan kecil ketika pagi nya tidak mendapatkan penghasilan karena puasa, dan tetap mendapatkan penghasilan di bulan ramadhan," ujar salah satu pengunjung pasar takjil, Wicaksana.

Akan tetapi perlu juga menjadi perhatian dari dinas perhubungan Kota Malang untuk mengatur skema lalu lintas agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kalau bisa ada pengalihan arus atau penutupan jalan dari pertigaan terusan Surabaya hingga simpang Bea Cukai, untuk keamanan masyarakat yang membeli takjil, terjebak kemacetan ditengah kerumunan orang, dan jalan bisa digunakan untuk lahan parkir sementara sampai jalan bisa kembali dibuka saat setelah magrib," tambah Wicaksana.

Menanggapi hal tersebut, Dinas Perhubungan Kota Malang menyampaikan kepada Suarajatimpost.com Minggu, (26/3/2023) bahwa akan meninjau lokasi bersama dinas terkait.

"Kami bersama Satpol PP dan Diskopindag akan meninjau lokasi," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, Widjaja Saleh Putra. (*)

Penulis: Donny Maulana 
Editor: Doi Nuri

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pecah! Pasar Takjil Jalan Surabaya Diserbu Pemburu Kuliner

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT