Kamis, 30 Juni 2022
Advetorial

Antisipasi Bahaya Narkoba, Pemdes Menampu Gandeng BNN

profile
Rochul

10 Juni 2022 11:22

642 dilihat
Antisipasi Bahaya Narkoba, Pemdes Menampu Gandeng BNN
Badan Narkotika Nasional,(BNN) saat di desa Menampu kecamatan Gumukmas Jember. (SJP)

JEMBER – Permasalahan penyalahgunaan narkoba yang semakin membahayakan generasi penerus dan mempunyai dimensi yang luas dan kompleks.

Terutama dari perspektif medis, psikiatri hingga ekonomi dan sebagainya.

Penyalahgunaan narkotika merupakan fenomena sosial yang telah lama menjadi masalah sosial di masyarakat.

hal ini dibuktikan dengan banyaknya kasus penyalahgunaan yang terjadi di dalam masyarakat itu sendiri.

Hal itu juga dibuktikan dengan tindakan polres Jember melalui Satreskoba yang telah menangkap bandar sabu sabu lintas kabupaten dengan barang bukti 1 KG sabu dengan nilai 1,5 milyar beberapa waktu lalu.

Permasalahan penyalahgunaan narkoba adalah permasalahan yang tidak bisa hilang hanya dengan melakukan pemberantasan saja, namun perlu adanya edukasi atau sosialisasi kepada masyarakat secara umum. 


Dalam mengantisipasi potensi penyalahgunaan narkotika, untuk itu Pemerintah desa menampu bersama BNN Kabupaten Lumajang  berupaya untuk melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai dampak buruk narkotika dan cara menghindari penyalahgunaan narkoba.

Bertempat di halaman aula kantor Desa Menampu, Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember, kepala bidang pencegahan dan pembinaan kemasyarakatan (P2M) BNN Kabupaten Lumajang, Wahyudi memberikan informasi dan edukasi salah satunya melalui sosialisasi yang bekerja sama dengan pemerintah desa menampu.

Dari sosialisasi dan pemahaman bahaya narkoba bagi masyarakat sangat penting karena dengan begitu masyarakat dapat memiliki pemahaman yang sama yaitu penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba tidak boleh dilakukan karena dapat menimbulkan masalah dan efek negatif yang lebih besar. 

"Sosialisasi atau penyuluhan mengenai narkoba tidak dapat dilakukan oleh BNN sendiri, namun harus dengan bersama sama masyarakat dan juga tokoh," kata Wahyudi dari BNN Kabupaten Lumajang.

Pihak kepala Desa Menampu Aan Rofi menyampaikan, terkait dengan kegiatan sosialisasi dari BNN yang bertempat di balai desa menampu, kami sangat gembira dengan hadirnya BNN ke desa kami untuk memberikan sosialisasi.

"Banyak pengetahuan yang didapat terkait bahaya narkoba dan langkah-langkah yang bisa dilakukan oleh orang tua agar anak atau anggota keluarga terhindar dari penyalahgunaan narkoba. Tadi malam juga kita menyaksikan video-video pendek tentang ciri-ciri anak yang mengkonsumsi narkoba juga diputar oleh BNN,“ kata kepala desa, Jum'at,(10/6/2022).

Dari sini, keterlibatan Pemerintahan Desa, sekolah, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda dan keluarga sangat penting dalam memberantas penyalahgunaan narkoba karena penyalahgunaan narkoba bisa dilakukan melalui apa saja dan dimana saja. 

"Maka dari itu, diperlukan sinergitas antar stakeholder agar permasalahan sosial penyalahgunaan narkoba dapat diatasi bersama, dan saya berharap BNN mempunyai program untuk hal ini," terang Aan Rofi'i.(Lum)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Antisipasi Bahaya Narkoba, Pemdes Menampu Gandeng BNN

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT